Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Atambua 39 Celcius" Jadi Film Terbaik Pilihan

Kompas.com - 21/02/2013, 07:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hati sutradara Riri Riza (42) sedang bersukacita. Baru-baru ini film besutannya, Atambua 39º Celcius, mendapat penghargaan sebagai film terbaik pilihan Institut National des Langues et Civilisations Orientales dalam Festival International des Cinemas d’Asia Vesoul yang diadakan di Vesoul, Perancis. Festival film tersebut diadakan awal Februari lalu.

”Saya senang dan bangga. Ini penghargaan pertama bagi film itu,” tutur Riri, Selasa (19/2). Ketika dihubungi, dia sedang berada di kawasan Taman Nasional Bukit 12, Jambi.

Bagi Riri, penghargaan itu makin membuat ia bersemangat menyoroti persoalan masyarakat tertinggal. ”Saya sedang berminat pada persoalan masyarakat tertinggal, terpinggirkan dalam kehidupan dan pembangunan kita. Semoga kita bisa menjadikan mereka subyek sehingga kehidupannya menjadi lebih baik,” ujar Riri.

Sebelum diputar di Festival Film Vesoul, Riri Riza bersama Mira Lesmana, produser Atambua 39º Celcius, dan Petrus Beyleto, pemeran utama di film itu, menghadiri Festival Film Rotterdam, Belanda.

Di sana, empat kali film tentang kondisi masyarakat pasca-penentuan pendapat di Timor Timur itu diputar. ”Dalam tiap pemutaran, aku diminta menjelaskan gagasan di balik film itu dan tanya jawab,” katanya. (TRI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com