Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan "Dunia Hitam", Idang-Oele Tetap Penuh Canda

Kompas.com - 03/03/2013, 21:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain keyboard dan piano serta pencipta lagu Idang Rasjidi bersama rekan seprofesinya, gitaris Oele Pattiselano, tampil dalam proyek musik mereka, Idang Rasjidi meets Oele Pattiselano, di Jakarta International Java Jazz Festival 2013, Minggu (3/3/2013). Selain dengan musik, Idang dan Oele, yang sama-sama pemusik jazz kawakan, juga menghibur dengan canda yang menghangatkan suasana di Semeru Hall, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Idang  memulai guyonannya dengan bercerita tentang grup musik The Galactic, yang dibentuknya bersama Oele pada 1986. Satu per satu personel The Galactic berusaha disebut Idang sampai akhirnya terjadi satu perdebatan kecil dengan Oele. "Dullah (almarhum Dullah Suweileh, pemain perkusi) tadi belum disebut ya," kata Oele. "Dullah sudah gue sebutin kok. Sudah, kita sama-sama tua, Dullah sudah gue sebutin," balas Idang.

Celoteh Idang selanjutnya membuat para penonton tertawa. "Ini tanda-tanda dunia hitam sudah kami tinggalin masuk ke dunia putih. Maksudnya, rambut hitam sudah kami tinggalin, rambut kami sudah putih," ujarnya sebelum komposisi "Larry" mereka sajikan.

Berikutnya, Idang mencoba mengenalkan komposisi baru yang diciptanya bersama kedua putranya, Shah Chaidar atau Shadu (bas) dan Qadra Shakuhachi (drum). "Setiap Java Jazz saya bikin lagu baru yang saya rekam sendiri, saya jual sendiri, saya beli sendiri, saya dengar sendiri. Lagu ini diberi judul oleh anak-anak saya, judulnya 'Melted'," cerita Idang. "Idenya ketika saya suka masak, terus pas masakan saya masih panas-panasnya itu saya lihat kejunya meleleh, kayaknya asyik kalau bikin lagu judulnya 'Melted'," papar Idang.

Tapi, sebelum "Melted" menggelinding, lagi-lagi Idang membuat para penyuka musiknya tertawa. "Ternyata saya dan Oele masih banyak yang nonton. Ini dia 'Melted'. Tapi, sumpah, lagunya saya lupa," ucap Idang, yang kali ini tampak serius. "Oele lo ingat enggak?" tambahnya dibalas anggukan Oele. "Untung lo ingat," timpal Idang melanjutkan penampilan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com