Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Melirik Film Pendek

Kompas.com - 05/03/2013, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramatyo mengaku rindu  menghasilkan kembali film pendek. Padahal banyak ide yang bersemayam di kepalanya. Apa yang menjadi alasannya?

"Orang seperti saya yang kebablasan bikin film komersil, ketika buat film pendek nilai produksi jadi lebih mahal," kata Hanung saat ditemui di Djakarta Theater, Senin (4/3/2013).

Namun, Hanung tak habis akal. Untuk menyalurkan idenya itu, suami Zaskia A Mecca pun memilih menjadi produser. Ia lantas menyerahkan penggarapan ide kepada sutradara-sutradara muda. Hasilnya cukup memuaskan, beberapa film pendek yang diproduserinya berhasil menembus ajang XXI Short Film Festival 2013.

"Ada empat film pendek yang saya produserin. Ada yang tidak lolos karena durasinya 32 menit. Banyak ide yang saya salurkan ke mereka," jelas Hanung.

Hanung sendiri menyambut baik ajang XXI Short Film Festival 2013. Menurutnya film pendek masa kini kurang mendapatkan wadah yang komersil. Padahal banyak film pendek karya anak bangsa yang berkilau di luar negeri lewat berbagai ajang.

"Dengan adanya film pendek bisa lihat potensi sutradara baru, buat modal film panjang. Tapi sutradara film pendek pilihan profesi. Banyak yang menang penghargaan di luar (negeri), seperti Ifa Ifansyah," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com