Jumat, 24 Oktober 2014
Jalan Karier Penyanyi
Sabtu, 16 Maret 2013 | 22:59 WIB
|
Share:

Judul: The Best Singer: strategi sukses menjadi penyanyi idola/Penulis: Adjie Esa Poetra/Editor: Hermawan Aksan/Penerbit: Nuansa Cendekia Bandung, 2013/Tebal; 144 halaman/Harga: Rp 34.000,- 
 
Bagaimana sukses menjadi penyanyi? Pertanyaan ini selalu muncul di kalangan remaja putra-putri Indonesia. Kegiatan olah vokal yang banyak digandrungi remaja, terutama semenjak banyak kontes, benar-benar penting untuk dijawab.

Penulisnya, Adjie Esa Poetra, seorang guru vokal ternama asal Bandung yang telah banyak memiliki murid ternama seperti Melly Goeslaw, Meri Andani, Rossa, Nike Ardilla (Almh), Dewi Gita dan lain-lain. Dari biodata di bagian akhir buku ini kita akan mengetahui segudang pengalaman hidup Adjie Esa Poetra bersama para artis dalam urusan menyanyi, pengembangan karir dan juga konsultasi karir.

Sebagai sosok yang dekat dengan artis-artis ternama, ia tahu betul bagaimana lika-liku perjalanan para artis tersebut. Bukan hanya tahu tentang kesuksesan, melainkan juga paham tentang mereka yang gagal. Pernah ia katakan, “ada banyak murid saya yang memiliki talenta besar untuk sukses, tetapi ternyata tidak. Ada banyak pula yang mulanya biasa-biasa saja, tapi justru sukses di luar dugaan.”

Ungkapan ini penting kita renungkan. Sebagian dari murid pak Adjie memang menjadi penyanyi sukses di negeri ini. Tetapi kita pun harus tahu sebagian kandas di perjalanan. Ada pula yang yang terkenal dan terus menjadi sosok selebritas dalam waktu lama, ada yang naik tinggi tapi kemudian tenggelam, ada pula yang mahir menyanyi tapi tidak menjadi sosok fenomenal di belantika musik nasional.

Selain menunjukkan jalan menuju puncak, juga memberikan rambu-rambu perjalanan agar  kita tidak terjerembab melakukan kesalahan hingga mengalami kegagalan. Selain itu, di dalamnya juga memuat motivasi yang sangat berguna untuk terus percaya diri meniti karir sekalipun seseorang tersebut memiliki kelemahan.

Bakat, potensi dan keberuntungan merupakan sesuatu di luar perhitungan kita. Tetapi dengan membaca buku ini kita bisa menggali bakat, menemukan potensi dan bisa meraih keberuntungan. Impian menjadi penyanyi terkemuka bukanlah milik golongan tertentu, melainkan patut dimiliki siapapun, termasuk Anda. Maka bacalah buku ini, bekerja keraslah dan senantiasa memiliki ambisi yang kuat.[]

Makmun Yusuf. Pecinta Buku, tinggal di Yogyakarta

 

Editor :
Jodhi Yudono