Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NOAH: Yang Bagus Belum Tentu Masuk

Kompas.com - 27/03/2013, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ada band yang memiliki personel spesialis pencipta lagu, seperti Badai (keyboard) dalam grup Kerispatih. Tapi, tidak demikian dengan NOAH, pun sedari mereka masih bernama Peterpan.

Untuk album Sepeti Seharusnya (2012), contohnya, semua personel NOAH--Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), David (keyboard), dan Reza (drum)--mendapat kesempatan untuk mencipta lagu.

"Album kemarin merata, ada yang (dicipta) Lukman sendiri, ada yang David sendiri, ada yang berdua (Ariel) bareng Lukman," kata Ariel, yang bersama rekan-rekan NOAH-nya diwawancara ketika berkunjung ke Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2013).

Lagu-lagu itu tercipta dalam berbagai kesempatan dan suasana. "Kadang ada yang dari Lukman sambil bercanda main gitar terus jadi lagu, ada juga yang digarap serius di studio langsung, ada juga yang sengaja duduk bareng," jelas Uki.

Tapi, ketika dipilih untuk dimasukkan ke dalam album, bisa saja sebuah lagu yang menurut mereka bagus malah tersisih.

"Jadi, pada saat ngumpul bikin album, ada delapan lagu yang sudah ada. Terus, mau masuk ke lagu kesembilan, tiba-tiba ada lagu yang bagus tapi karakternya sama dengan salah satu dari delapan lagu yang sudah ada. Jadi, lagu (yang lahir belakangan) itu harus mengalah dulu," papar Ariel. "Kadang, lagu bagus itu enggak bisa masuk karena kami mau fokus dalam dinamika lagu yang duluan ada itu," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com