Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena "Di Atas Rata-Rata", Andien Kembali ke Masa Remaja

Kompas.com - 28/03/2013, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Andien mengaku senang bisa dipasangkan dengan dua penyanyi belia Kanya dan Rafi dalam program musik KompasTV Di Atas Rata-Rata Jammin' with Star. Menurut Andien, dengan kesempatan itu, ia merasa seperti kembali ke masa remaja, ketika ia masih merintis karier sebagai penyanyi.

"Buat aku, hari ini spesial sekali, karena aku manggung di acara Di Atas Rata-Rata, dan aku seperti kembali ke diriku saat itu (masa remaja). Persis seperti Kanya, usianya 14 tahun, dan Rafi, usianya 13 tahun, waktu aku memulai karier zaman dulu," tutur Andien usai menjalani shooting Di Atas Rata-Rata Jammin' with Star, di Studio Orange, KompasTV, Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2013).

Andien menilai, dengan potensi yang dimiliki oleh Kanya dan Raffi, keduanya bisa sukses di masa yang akan datang. Namun, mereka lebih dulu harus menempuh perjalanan yang panjang.

"Dari usia 14 tahun sampai sekarang banyak banget yang aku jalani, banyak bertemu orang, dan banyak perkembangan yang aku alami. Jadi, perjalanan mereka masih panjang, pokoknya panjang banget," jelas Andien.

Agar perjalanan panjang merintis karier bermusik yang ditempuh oleh Kanya dan Rafi bisa mulus, Andien membagi kunci suksesnya.

"Yang harus dijaga pertama itu adalah suara. Hindari hal-hal yang merusak suara, karena itu gift dari Tuhan, pokoknya suara harus terus dilatih," pesan Andien.

"Yang kedua, sebagai penyanyi, yang harus dijaga adalah konsistensi, karena kalau enggak nanti kalah sama yang lain, soalnya banyak orang yang ingin jadi penyanyi," sambungnya.

"Yang ketiga, attitude harus dijaga, karena kalau kita enggak punya attitude yang baik hasilnya juga enggak baik. Penyanyi itu hubungannya ke banyak orang, ke publik, dan kita bertemu banyak orang setiap hari. Kalau punya attitude yang enggak baik, maka judgement-nya akan banyak banget dari orang-orang," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com