Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shanghai Gelar Pameran James Bond

Kompas.com - 29/03/2013, 13:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pameran tokoh fiktif agen rahasia Inggris James Bond dihelat di Shanghai, Kamis, hanya seminggu setelah pemerintah komunis menyensor bagian-bagian film terbaru 007, Skyfall.

Namun, Neil McConnon, kepala kurator "Designing 007 -- Fifty Years of Bond Style", mengatakan tidak ada sensor dalam pameran yang diselenggarakan Barbican London.

"Sama sekali tidak ada hasil editan untuk pengunjung China," kata dia seperti dikutip AFP. "Sebelumnya kami telah mengalami banyak sensor dalam beberapa pameran, tapi tidak kali ini." 

Sebagian adegan Skyfall yang shooting di sudut komersial China dianggap terlalu sensitif oleh otoritas China sebelum dirilis Januari.

Adegan yang menampilkan prostitusi di Macau, daerah administras khusus China, dihapus, begitu pula perkataan bahwa musuh Bond disiksa agen rahasia China.

Adegan saat seorang centeng menyerang petugas keamanan China di pencakar langit Shanghai juga dihapus.

Pameran di Shanghai itu dihelat di Museum Seni Minsheng.

Pameran tersebut menampilkan lebih banyak koleksi Skyfall dibandingkan acara serupa di London dan Toronto, misalnya perahu Daniel Craig saat memasuki kasino Macau. Ada juga busana yang dikenakan Michelle Yeoh, pemeran agen rahasia China Wai Lin dalam Tomorrow Never Dies.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com