Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inul Daratista Tantang Balik KCI

Kompas.com - 01/04/2013, 19:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pedangdut Inul Daratista buka suara tentang tuntutan Karya Cipta Indonesia (KCI) yang menuntutnya membayar tujuh kali lipat dari royalti usaha karaokenya yang dibayarkannya sekarang. Secara tegas, Inul menolak permintaan dari KCI itu.

"Inul akan lawan KCI di forum pengadilan, bila perlu, kalau mereka masih bertindak enggak sesuai dengan perjanjian," kata Hotman, kuasa hukum Inul, saat ditemui di kantornya di Gedung Summitmas I, Jakarta, Senin (1/4/2013).

Menurut Hotman, permintaan KCI tidak masuk akal. Lanjutnya, harga royalti yang dipatok KCI paling tinggi dibanding CMO lain. "RMI aja minta royalti Rp 2 juta per hari, WAMI cuma 2,5 juta, KCI yang lagu-lagu lama minta 3,5 juta. Selama ini, tarif 3,5 juta per outlet. Secara tiba-tiba, KCI naikkan menjadi 720 ribu per kamar, atau 21 juta per outlet. Naik tujuh kali lipat. Tentu inul melawan," keluhnya.

Selama ini, pihak Inul juga mengaku membayar jumlah royalti yang telah ditentukan. Namun, pihak KCI hanya mempersoalkan tempat karaoke pemilik penyanyi berjuluk "Goyang Ngebor" itu, padahal banyak tempat karaoke lainnya.

"Sekarang bukan Inul Vizta aja yang ada di Indonesia, banyak karaoke keluarga, itu perlu dipikirkan, supaya jadi PR (pekerjaan rumah) buat KCI, kita aja nih yang dirongrong. Berasa paling besar, tapi karaoke sekarang kan banyak berkembang, bukan Inul Vizta aja yang dipikirin," tekan Inul. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com