Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua MUI Kirim Surat Terbuka untuk Fatin

Kompas.com - 03/04/2013, 16:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesona Fatin Shidqia Lubis rupanya menarik perhatian KH A Cholil Ridwan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Seni Budaya.

Cholil sampai-sampai menyampaikan surat terbuka yang isinya mendukung penuh penampilannya di ajang pencarian penyanyi berbakat, X Factor.  Dalam suratnya, Cholil bahkan mengingatkan Fatin untuk tetap menjaga auratnya dengan berjilbab sebagaimana dilakukannya sekarang.

Belakangan, Fatinistic, sebutan fans Fatin ramai membicarakan surat Ketua MUI dan menyarankan Fatin untuk tetap menjaga 3T: Tidak buka aurat, Tidak transparan, dan Tidak ketat dalam menggunakan hijab.

Apa reaksi Fatin? Mengomentari surat itu, gadis berusia 16 tahun ini hanya tersenyum dan berkata. "Sudah tahan gangguan, godaan, dan cobaan, insya Allah," kata Fatin seperti dikutip Hai-online.com.

Seperti apa surat terbuka yang dilayangkan Ketua MUI itu? Berikut isi surat Ketua MUI untuk Fatin.

Assalaamualaikum. Bapak sering menonton penampilan Fatin di X Factor, bapak dan keluarga bangga dengan kamu yang tetap berjilbab dalam penampilanmu ikutan di X Factor. Bapak sebagai Ketua MUI Pusat yang membidangi Seni dan Budaya ingin berpesan untuk Fatin sebagai berikut:

Pada suatu saat Fatin akan dihadapkan pilihan, jilbab atau karier. Misalnya akan ada yang membisikan Fatin dengan kalimat; "Kalau mau menang jadi juara I kamu harus copot jilbab!" atau "kalau mau ikut nyanyi di luar negeri kamu harus copot jilbab", Bapak pesan jangan sekali-kali kamu jual akidahmu demi karier duniawimu. Dan jauhi pergaulan negatif.

Jangan tinggalkan sholat lima waktu dengan alasan apapun, kalau terpaksa boleh di akhir waktu. Dan kalau betul-betul darurat bisa dijamak. Kepada umat Islam, khususnya muslimah yang sudah berjilbab dan anggota Hijabers, setiap Fatin mau tampil di "X Factor" dukunglah, niatkan untuk da'wah dan syiar Jilbab.
Rumus jilbab itu 3T yaitu Tidak buka aurat, Tidak transparan, dan Tidak ketat.
Terima kasih atas perhatian Fatin dan salam buat kedua orang tuamu. Wassalam

KH. A. Cholil Ridwan
Ketua MUI Pusat Bidang Seni Budaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com