Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Wisman: Juara Dunia yang Minim Apresiasi

Kompas.com - 10/04/2013, 09:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bergabung dalam Elfa’s Singer, penyanyi Agus Wisman (48) pernah tampil dalam berbagai festival jazz dunia. Di North Sea Jazz Festival di Den Haag, Belanda, misalnya, mereka tampil tiga kali.

Bahkan, mereka menyandang penghargaan puncak sebagai grand champions tujuh kali berturut-turut dalam olimpiade paduan suara dunia.

”Beda dengan juara dunia bidang olahraga yang sangat dihargai di Indonesia, juara dunia di bidang paduan suara tidak mendapat apresiasi serupa. Padahal, kami juga mengibarkan bendera (Merah Putih) dan membuat lagu kebangsaan ’Indonesia Raya’ berkumandang,” kata Agus saat menghadiri pembukaan agensi model Hitz Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, Agus tidak terlalu kecewa dengan kondisi itu. Dia tetap bangga karena dapat mengharumkan nama Indonesia. Menurut dia, orang yang paling berjasa mengantarkan mereka meraih prestasi gemilang itu adalah musisi Elfa Secioria.

”Abang, panggilan Elfa Secioria, luar biasa hebat. Dia sangat teliti dan mampu menangkap hal yang paling membanggakan dalam suatu negara. Saya sering mendadak disuruh menghafal beberapa lagu tradisional negara yang kami datangi. Lagu itu kemudian diubah dalam aransemen lagu klasik. Itu menjadi lagu pembuka dan langsung merebut hati penonton,” kata Agus. (TIA)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com