Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eyang Subur: Di Sini Sajadah di Mana-mana

Kompas.com - 19/04/2013, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Eyang Subur akhirnya mengklarifikasi tudingan Adi Bing Slamet yang menyebut dirinya mempraktikkan aliran sesat. Menurutnya, semua yang dikatakan Adi tidak benar.

"Itu semua fitnah dan bohong yang dituduhkan pada saya. Di sini ada sajadah di mana-mana. Kita yang ada di sini shalat. Ini membuktikan tidak ada aliran sesat," kata Subur di Jakarta, Kamis (18/4/2013) malam.

Ia menjelaskan, dirinya diam dan tidak menanggapi tudingan Adi lantaran takut dosa. Ia tidak menjelaskan lebih rinci apa yang dimaksudnya dengan dosa.

Kuasa hukum Subur, Abu Bakar, mengatakan, pihaknya akan melaporkan Adi Bing Slamet ke Mabes Polri atas tuduhan pencemaran nama baik, fitnah, dan penghinaan.

Pihaknya akan menggunakan Pasal 27 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. "Untuk menghentikan polemik di ruang publik, mekanisme hukum itu yang paling tepat," imbuhnya.

Seperti diberitakan, Adi Bing Slamet menuding Eyang Subur melakukan praktik ajaran sesat. Adi mengadukan Eyang Subur ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Perwakilan Rakyat. Beberapa waktu lalu MUI mengunjungi rumah Eyang Subur untuk menindaklanjuti laporan Adi.

Ketua MUI Umar Shihab, Kamis (18/4/2013), menuturkan, subur terbata-bata saat membaca surat Al-Fatihah.

"Ada ayat yang dia lupa dan membacanya terbata-bata. Mungkin grogi karena membacanya di depan ulama. Kalau orang yang jarang baca Al-Fatihah pasti akan salah," ungkap Umar.

Setelah lupa membaca seluruh ayat surat Al-Fatihah di depan para tokoh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Subur mengaku kalau dirinya bukan orang alim sehingga terbata-bata. (Danang S. Prabowo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com