Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firasat Sebelum Ustaz Jeffry Meninggal

Kompas.com - 26/04/2013, 11:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum kecelakaan motor di Gedung Hijau, Pondok Indah, Ustaz Jeffry Al Buchori sempat mengatakan ingin berhenti berdakwah. Hal itu sempat membuat orang-orang terdekatnya bertanya-tanya.

"Beliau pernah ngomong begitu sama Habib Mahdi, saya mau berhenti dakwah. Dari situ, firasat saya sudah muncul. Ada pesan dari ungkapan itu," ujar pemain sinetron, Eddies Adelia, kepada Kompas.com di rumah duka, Jumat (26/4/2013) siang.

Saat itu, kata Eddies, Habib Mahdi dan sahabatnya sempat terkejut mendengar ucapan ustaz yang akrab disapa Uje tersebut. Meski begitu, Habib Mahdi menanggapi keinginannya dengan positif.

Rupanya, Uje juga mencetuskan keinginannya itu kepada beberapa orang keluarganya. "Katanya beliau lelah dan ingin menjadi Uje yang biasa saja. Orang yang biasa-biasa saja," ujarnya.

Uje meninggal di usia 40 tahun. Lelaki kelahiran Jakarta, 12 April 1973 tersebut meninggalkan seorang istri, Pipik Dian Irawati, dan empat orang anak, yakni Mohammad Abidzar, Al-Ghifari, Adiba Khanza Az-Zahra, dan Ayla Azuhro.

Berasal dari keluarga dengan pendidikan agama yang kuat, Uje sempat mengenyam pendidikan agama di pesantren dan madrasah aliyah. Uje juga pernah menjalani kehidupan dugem anak muda. Namun, jalan hidup mengembalikannya ke dunia dakwah. Pengalaman pribadinya mendorong Uje mengemas dakwah dalam bahasa anak muda, bahkan kerap dianggap sebagai "ustaz gaul".

Kini, almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori, atau yang akrab disapa Uje, dibawa dari rumah duka menuju Masjid Istiqlal untuk dishalatkan, Jumat siang. Lantunan doa dari ratusan pelayat mengiringi jenazah almarhum yang ditutup kain hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com