Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Ayahnya, Ani "Ngotot" Nikah dengan Eyang Subur

Kompas.com - 30/04/2013, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Selasa (30/4/2013), Ade Junaedi, ayah dari Ani, salah satu dari delapan istri Eyang Subur, menuangkan kekesalannya menganai Subur di Komnas Perempuan, Jakarta. Setelahnya, ia melaporkan Subur ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya. Dalam kesempatan itu, Ade menegaskan bahwa Ani berkeras menikah dengan Subur pada 2005, meski sudah dinasihati oleh Ade untuk tidak melakukan hal itu.

"Anak saya katanya akan dijadikan istri keenam. Lantas saya bilang, dalam agama Islam itu dilarang. Kalau lebih dari empat (istri), enggak boleh. Tapi, anak saya keukeuh minta persetujuan dan restu dari saya. Akhirnya, saya setujui," cerita Ade dalam wawancara di Polda Metro Jaya.

Ketika hendak menjadi wali nikah putrinya, lanjut Ade, pernikahan itu batal karena satu dan lain hal. Dua bulan kemudian, Ade, yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat, menyambangi Subur di Jakarta. Ia menemukan kenyataan yang menganggetkan karena Ani telah menikah dengan Subur tanpa sepengetahuannya.

"Diiundang lagi ke Jakarta, anak saya bilang, 'Saya sudah menikah.' Saya kesal, tapi saya seolah tak bisa bicara sampai sekarang ini. Saya seperti dikunci oleh Si Subur," cerita Ade lagi.

Kata Ade, delapan tahun Ani tidak mengunjungi keluarganya. Setelah artis peran Adi Bing Slamet muncul melawan Subur, timbul keyakinan Ade untuk merebut Ani dari Subur, walau hingga kini belum berhasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com