Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadine Zamira Bisnis Ramah Lingkungan

Kompas.com - 02/05/2013, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nadine Zamira (29), Miss Indonesia Earth 2009, tetap berkutat dengan masalah lingkungan. Selasa (30/4), di depan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, ia mengingatkan pentingnya mempertimbangkan dampak lingkungan sebelum kita membeli sesuatu.

”Kita suka lupa, biasanya kita membeli produk karena suka atau berdasarkan alasan praktis saja. Padahal, sekecil apa pun itu berdampak pada lingkungan,” kata Nadine yang menjadi salah satu pembicara dalam acara ”Green Living n Youth Creativity” di Kampus IPB.

Misalnya membeli makanan memakai plastik pembungkus atau tas plastik. ”Peduli lingkungan harus dimulai dari diri sendiri. Agar hemat air, misalnya, cobalah mandi tak lebih dari tiga menit,” kata Nadine yang menampilkan video tentang kekayaan alam Indonesia, seperti terumbu karang dan mangrove.

Tak hanya bicara di berbagai kesempatan tentang pentingnya menjaga lingkungan, dia juga punya usaha di bidang konsultasi lingkungan.

”Bisnis saya itu seperti public relations yang berkaitan dengan lingkungan. Lewat berbagai kegiatan, kami berusaha meningkatkan perhatian masyarakat terhadap lingkungan,” kata Nadine.

Contohnya mengajak siswa SD bermain dan belajar di ruang terbuka, mengadakan seminar yang berkaitan dengan lingkungan, dan mengajak sejumlah instansi membuat kegiatan yang berisi edukasi lingkungan. (CP)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com