Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mustafa M Bong: Ada yang Tak Beres dengan Istri-istri Subur

Kompas.com - 02/05/2013, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  Penolakan istri-istri Eyang Subur terhadap fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dinilai "aneh" oleh anggota Majelis Pakar Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Mustafa Muhammad Bong.

Menurutnya, ada sesuatu yang tidak beres pada istri-istri "orang pintar" Eyang Subur terkait penolakan mereka terhadap fatwa perihal Fatwa MUI No 17 Tahun 2013 tentang beristri lebih dari empat dalam waktu bersamaan.

"Sebagai istri yang salihah, mereka harus ikuti. Tapi, itu mereka enggak mau diceraikan karena mereka berada di bawah pengaruh gaib (guna-guna). Siapa pun tahu itu, secara kasatmata saja sudah ketahuan karena mereka menikah dalam keadaan yang tidak wajar," kata Mustafa dihubungi di Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Mustafa menekankan, jika saja istri-istri Subur tersebut dalam keadaan normal, mereka mungkin saja bisa menuruti fatwa MUI tersebut. Karena itu, Mustafa mengimbau agar Subur bisa mengembalikan kondisi keempat istrinya dalam keadaan normal.

"Kalau sekarang, Subur bisa beralasan lagi, 'Lho, istri-istri saya yang enggak mau dicerai'. Kan enggak mau cerai itu karena pengaruh itu tadi," ungkap Mustafa.

Mustafa menilai MUI mempunyai alasan konkret ketika mengeluarkan fatwa tersebut, apalagi hal itu berkenaan dengan delapan istri Subur yang seluruhnya tinggal serumah.

"Karena kita lihat di usianya, apakah Subur mampu dengan delapan istri? Itu haram hukumnya. Jangankan delapan, dua (istri serumah) saja sudah haram, apalagi kalau sudah tidak mampu (memberi nafkah batin-red)," papar Mustafa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com