Sabtu, 1 November 2014
Untuk RBT "Demi Tuhan", Arya Wiguna Jalani Rekaman
Penulis : Irfan Maullana | Kamis, 2 Mei 2013 | 15:27 WIB
|
Share:
KOMPAS.com/ICHSAN SUHENDRA
Adi Bing Slamet (depan tengah), bersama beberapa orang lainnya yang mengaku ditipu oleh Eyang Subur, termasuk Arya Wiguna (depan paling kanan) mengadakan jumpa pers di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com — Arya Wiguna masuk studio rekaman. Sepotong rekaman audio dari salah satu video amarahnya kepada Eyang Subur digarap untuk dijadikan ring back tone (RBT).

Potongan rekaman audio yang akan diedarkan sebagai RBT diambil dari video Demi Tuhan karya Eka Gustiwana Putra, pencipta lagu dan programmer yang bekerja untuk label rekaman Trinity Optima production. Ada beberapa kata dan satu kalimat yang dilontarkan oleh Arya dalam video itu yang harus diganti untuk RBT tersebut. Proses pengubahan itu dikerjakan di studio rekaman dan Arya harus ikut menjalaninya.

"Ya, dia (Arya) tetap masuk studio karena ada beberapa bagian lirik yang diganti, seperti kata 'Subur' diganti dengan kata 'kamu' dan kalimat 'semua yang masih membela Subur'," jelas Eka ketika diwawancara melalui telepon di Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Menurut Eka, hasil rekaman itu cukup memuaskan sekalipun Arya bukan seorang vokalis. "Mas Arya memang bukan vokalis, tapi itu bukan masalah buat saya," kata Eka.

Secara teknis, Eka hanya perlu menyesuaikan tensi emosi vokal yang pasti jauh berbeda dengan kondisi vokal Arya ketika menjalani rekaman di studio. "Dibanding saat press con (press conference) yang cenderung meledak-ledak, emosinya pasti berbeda, tapi nanti bisa kami sesuaikan di studio," jelas Eka lagi.

Kendala pun bisa diatasi oleh Eka. "Saya agak worry soal sound, pasti akan belang dengan yang based on YouTube. Tapi, biar nanti orang yang akan menilai hasilnya, menurut saya tetap bagus," ucapnya.

Sementara itu, untuk musiknya, Eka menggunakan aransemen yang sama dengan yang dibikinnya untuk videonya. "Musiknya tetap pakai yang versi YouTube. Hanya, ada beberapa bagian yang enggak dipakai, seperti backing vocal Arya, 'Subur... Subur... Subur...', itu akan diganti dengan backing vocal dari tim produksi saya," paparnya.

Saat ini lagu "Demi Tuhan" versi penuh sudah selesai dikerjakan oleh Eka. Menurutnya, kini hanya tinggal dipenggal menjadi RBT dan dirilis oleh Trinity Optima Production. "Mixing sudah selesai minggu lalu, sekarang masternya sudah di pihak Trinity Optima," kata Eka lagi.

Editor :
Ati Kamil