Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Mouly Surya Bicara Cinta

Kompas.com - 05/05/2013, 10:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com --
• Film: What They Don’t Talk About When They Talk About Love
• Sutradara: Mouly Surya
• Pemeran: Ayushita Nugraha, Karina Salim, Nicholas Saputra, Anggun Priambodo, Jajang C Noer, Tutie Kirana, Lupita Jennifer, Khiva Iskak, dan Alya Syahrani.

Mouly Surya, sutradara dan penulis cerita film ini, mengambil kisah cinta remaja penyandang disabilitas. Tersebutlah Fitri dan Diana, dua remaja penyandang tunanetra.

Fitri (Ayushita Nugraha) jatuh hati kepada sosok hantu penghuni kolam renang di sekolahnya. Adapun Diana (Karina Salim) menyimpan rasa kepada murid baru bernama Andhika (Anggun Priambodo). Diana berusaha mencuri perhatian Andhika. Dengan keterbatasan penglihatan di antara keduanya, cinta menemukan jalan lewat bantuan parfum.

Film ini memasukkan unsur "realitas pengganti" (alternate reality) dalam jalan ceritanya. Pada bagian tersebut, Mouly menawarkan secuplik gambaran bagaimana jadinya kisah keempat karakter utama itu dalam kondisi tanpa keterbatasan fisik masing-masing. Apakah mereka akan lebih bahagia?

Mouly ingin mengangkat kisah yang bukan soal mengasihani, melainkan membagi perasaan dan kekuatan difabel kepada kita semua. Dia menantang premis bahwa lelaki jatuh cinta melalui apa yang mereka lihat dan perempuan melalui apa yang mereka dengar. Lantas Mouly mengajukan gugatan bagaimana jika seseorang tak memiliki indera-indera itu? Apa yang kiranya akan terjadi?

Film ini lalu menjabarkan keindahan dan kesejatian cinta meskipun tanpa kemampuan inderawi. Para difabel justru bisa melihat menembus segala "sampul" pencitraan dan impresi buatan manusia. (ENG)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com