Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fathanah Hadiahi Honda Jazz untuk Model Cantik

Kompas.com - 06/05/2013, 14:08 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tersangka kasus dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi Ahmad Fathanah diketahui memberikan satu unit Honda Jazz putih kepada model cantik Vitalia Sesha. Honda Jazz bernomor polisi B 15 VTA tersebut sudah disita Komisi Pemberantasan Korupsi dari tangan Vitalia.

"KPK melakukan penyitaan berkaitan dengan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang dengan tersangka AF (Ahmad Fathanah) yang diduga dikuasai orang bernama Vitalia Sesha," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Senin (6/5/2013). Penyitaan dilakukan sejak pekan lalu.

Kini, Jazz putih itu diamankan di halaman parkir Gedung KPK, Jakarta. Vita sendiri sudah diperiksa KPK sebanyak dua kali. Kepada penyidik KPK, Vita mengaku diberikan mobil itu dalam rangka pertemanan. "Karena antara Vita dan Ahmad ini teman," kata Johan.

Adapun Vita dikenal sebagai model cantik. Wajahnya sempat menghiasi Majalah Popular World edisi Februari 2013. Selain Vita, KPK pernah memeriksa artis Ayu Azhari sebagai saksi bagi Fathanah. Ayu diperiksa terkait uang Rp 20 juta dan 1.800 dollar AS yang diterimanya dari Fathanah. Menurut Johan, uang itu diterima Ayu dari Fathanah sebagai uang muka pembayaran karena Ayu bersedia manggung di acara Partai Keadilan Sejahtera.

KPK menetapkan Fathanah sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang setelah sebelumnya menjerat dia dengan kasus dugaan tindak pidana kepengurusan kuota impor daging sapi. Fathanah dikenal sebagai orang dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. Dalam kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi, dia diduga bersama-sama Luthfi menerima pemberian hadiah atau janji dari PT Indoguna Utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com