Demi Film Baru, Riri Riza Masuk Hutan - Kompas.com

Demi Film Baru, Riri Riza Masuk Hutan

Kompas.com - 11/05/2013, 07:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Perjalanan jauh dan bermedan berat masuk-keluar hutan harus ditempuh sutradara Riri Riza (42). Usaha kerasnya mulai menampakkan hasil. Ia dan kru Miles Films sudah menemukan tempat shooting film Orang Rimba atau suku Anak Dalam Jambi.

”Tempatnya jauh. Dari Tebo naik mobil sekitar tujuh jam, lalu jalan kaki berjam-jam lagi,” ujarnya, pekan lalu, di Malang, Jawa Timur.

Bolak-balik ke tempat warga yang hidup di hutan Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi membuat Riri mulai tahu kehidupan mereka. ”Orang Rimba ada yang sudah modern, misalnya menggunakan telepon seluler. Namun, ada yang masih amat tradisional,” kata Riri yang sekitar empat bulan mengadakan riset di sana.

Sekalipun demikian, Orang Rimba pada umumnya tak menetap di satu tempat. ”Sebagian dari mereka hidup berpindah- pindah dalam hutan itu secara turun-temurun,” ucapnya. Celakanya, hutan tempat mereka hidup berstatus hutan lindung. ”Mereka tidak boleh ada di situ. Persoalannya, ke mana mereka harus pergi untuk meneruskan hidup?” tanya Riri.

Menurut Riri, film akan dibuat berdasarkan kisah Butet Manurung yang mengajar baca-tulis Orang Rimba. ”Film kami nanti bukan menceritakan tentang Butet, tetapi terinspirasi kiprah dia dan Butet membantu kami,” tuturnya. (TRI)

 

 

EditorEko Hendrawan Sofyan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM