Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kanker Payudara, Aktris-aktris Ini Jalani "Double Mastectomy"

Kompas.com - 15/05/2013, 12:17 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktris Hollywood Angelina Jolie melalui sebuah tulisan yang dimuat di New York Time, Selasa (14/5/2013), mengumumkan sebuah kabar yang mengejutkan.

Sejak Februari hingga medio April, ia diam-diam telah menjalankan operasi double mastectomy (pengangkatan kedua payudara). Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko tinggi terkena kanker payudara.

Berdasarkan tes genetik, kekasih aktor Brad Pitt itu diketahui membawa gen BRCA1, yang meningkatkan risiko tajam terkena penyakit paling mematikan itu.

"Saya memilih untuk tidak merahasiakan kisah ini karena banyak wanita di luaran sana tak mengetahui bahwa mereka hidup dalam bayang-bayang kanker yang mematikan itu," tulisnya dalam sebuah tulisan berjudul tulisan berjudul "My Medical Choice".

Meski sebuah pilihan yang sulit, namun Jolie sangat yakin bahwa keputusannya adalah sesuatu yang tepat.  Dan, ia bersyukur bisa melaluinya.

Jolie tentu tak sendiri. Di jajaran aktris-aktris Hollywood sana, keputusan serupa juga pernah diambil oleh aktris pendahulunya.

1. Sharon Osbourne
Pada musim gugur 2012, bintang reality show Sharon Osbourne, istri rocker Ozzy Osbourne, mengungkapkan bahwa ia juga melakukan mastektomi ganda sebagai tindakan pencegahan setelah mengetahui bahwa dia membawa gen yang membuatnya rentan terhadap kanker payudara.

"Saya sebelumnya sudah menderita kanker dan saya tidak ingin hidup di bawah awan kelabu itu," katanya kepada majalah Hello!.

2. Allyn Rose, Miss D.C.
Sebelum ambil bagian dalam kompetisi kecantikan Miss America, Allyn Rose mengumumkan bahwa ia membawa mutasi lain genetik - bukan BRCA1 atau BRCA2 - dan berencana manjalani mastektomi ganda sebagai bentuk pencegahan.  

Ibu Rose, yang merupakan pelari maraton, meninggal karena kanker payudara ketika dirinya berusia 16 tahun. Melalui kontes kecantikan inilah ia turut mengampanyekan  kesadaran pentingnya pemeriksaan secara dini.

3. Giuliana Rancic
Pembawa acara TV Giuliana Rancic mengakui senang bahwa ia kahirnya melakukan keputusan tepat dengan menjalani mastektomi ganda.

Awalnya, ia tak begitu yakin bahwa ia menderita kanker payudara stadium awal. Namun dokter mengabarinya.  
Meski awalnya takut, namun kini ia mengaku beruntung
telah mengambil keputusan yang sangat berani dan tepat.

4. Christina Applegate
Dia didiagnosa menderita kanker payudara pada tahun 2008. Ia pun memutuskan untuk mengangkat keduanya, meski diketahui hanya mengidap kanker di salah satu payudaranya.  Ia mewarisi gen BRCA1 dari ibunya.  "Saya hanya ingin menyingkirkannya," kata Applegate kala itu. "Ini sebuah keputusan yang saya pilih dan itu salah satu yang paling sulit."

5. Kathy Bates
Sutradara yang juga bintang "Misery"  ini menjalani mastektomi ganda pada musim gugur tahun 2012, hampir satu dekade setelah dirawat karena kanker ovarium. "Aku tidak merasa kehilangan payudara saya seperti halnya saya kehilangan 'Harry's Law','" canda Bates menyinggung acaranya yang dibatalkan.

6. Nancy Reagan
Ia lebih dikenal dengan perannya sebagai istri Presiden Amerika Serikat  Ronald Reagan. Sebelum menjadi Ibu Negara, ia sukses menjalankan karier sebagai seorang aktris.  

Pada Oktober 1987, mammogram mendeteksi adanya kemungkinan kanker di payudara kirinya.  Ia pun memutuskan untuk menjalani mastektomi ketimbang lumpektomi. Setelah operasi Nancy, mulai banyak perempuan yang melakukan pemeriksaan dini dalam rangka pencegahan terhadap kanker.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com