Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Lennon-Harrison Laku Hampir Rp 4 Miliar

Kompas.com - 20/05/2013, 07:57 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com —Gitar yang pernah dimainkan oleh John Lennon dan George Harrison, dua anggota grup musik legendaris The Beatles dari Inggris, terjual 408.000 dollar AS atau hampir Rp 4 miliar. Pembeli gitar ini adalah seorang warga di AS dan identitasnya tidak diungkap.

Instrumen yang dirancang khusus untuk Lennon dan Harrison ini dibuat oleh perusahaan Vox, dalam hal ini Mike Bennett dan Dickey Denney, pada 1966. Harrison menggunakan gitar ini dalam lagu "I Am The Walrus" dalam film Magical Mystery Tour pada 1967, sementara Lennon memainkannya dalam video lagu "Hello, Goodbye" pada tahun yang sama.

Pihak Julien's Auctions, penyelenggara lelang Julien's Auctions Music Icons di Hard Rock Cafe New York, AS, pada 18 Mei 2013 waktu setempat itu, mengatakan bahwa harga akhir penjualan gitar ini melampaui perkiraan awal yang dipatok pada kisaran antara 200.000 hingga 300.000 dollar AS.

Setelah menggunakannya selama beberapa waktu, Lennon menghadiahkan gitar ini kepada Alexis "Magic Alex" Mardas, yang berulang tahun ke-25 pada 1960-an. Mardas dikenal sebagai orang dalam The Beatles.

Pada bagian belakang gitar ini ada tulisan "Untuk Magic Alex. Alexi terima kasih sudah menjadi teman. 2-5-1967 John". Mardas menjual alat musik ini pada 2004.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com