Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Ini Bikin Iri Christine Hakim

Kompas.com - 21/05/2013, 22:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran kawakan Christine Hakim mengaku iri kepada rekan seprofesinya, Ikranagara, yang dipercaya memerankan tokoh nasional KH Hasyim Asy'ari dalam film layar lebar Sang Kiai.

Tidak seperti Ikra, Christine merasa kesulitan mendapatkan referensi seperti apa sosok Nyai Kapu, istri Hasyim, yang harus dimainkannya.

"Saya iri dengan Pak Ikra, dia punya bayangan dengan Hasyim. Kalau saya sendiri tidak punya bayangan seperti apa Nyai Kapu," ujar Christine dalam jumpa pers film Sang Kiai di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2013).

Berbekal informasi seadanya, Christine sesegera mungkin melakukan observasi ke tanah kelahiran Nyai Kapu. "Akhirnya saya ikut Mas Rako (sutradara Rako Prijanto) ke Tebuireng, dan ke Kediri. Nah di Desa Batu Rejo inilah asal Nyai Kapu," cerita Christine.

Christine berharap di kota kelahiran Nyai Kapu itulah ia bisa merasakan dan menangkap seperti apa sosoknya.  "Perlu lebih pendalaman lagi, inilah yang saya coba tangkap untuk mengenal lebih dulu, sebagai istri saya harus mengenal perjuangan suaminya, apa ketakutan suaminya itu yang saya telusuri, sampai seperti apa Nyai Kapu ini bagi Hasyim," lanjutnya.

Agaknya observasi saja tidak cukup bagi Christine untuk merasakan seperti apa luapan emosi Nyai Kapu mendampingi KH Hasyim di masa perjuangannya. "Seperti yang Mas Rako bilang ini bukan fiksi. Jadi setiap malam saya shalat malam untuk meminta izin supaya saya bisa merasakan apa yang dirasakan Nyai Kapu," ungkap Christine.

Hasil dari pendalaman karakter tersebut tanpa diduga menjadi pengalaman pribadi Christine yang diakui belum pernah sama sekali terjadi sepanjang kariernya di dunia perfilman.

"Subhanallah sebagai pemain saya punya keterbatasan, kadang saya tidak bisa menjiwai. Tapi pada saat (adegan) Hasyim wafat di situlah saya yakin doa saya dijawab, dan saya tidak bisa menjelaskan dengan kata-kata, yang saya lihat di situ tidak hanya bisa melihat gambaran masa lalu, tapi saya bisa merasakan atmosfernya," ungkap Christine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com