Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maudy Koesnaedi Balas Kebaikan Lewat Gambang Kromong

Kompas.com - 26/05/2013, 17:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dulu, sewaktu menjadi finalis Abang None Jakarta 1993, artis peran yang juga model Maudy Koesnaedi (38) pernah berjanji ingin melestarikan budaya Betawi melalui berbagai macam kegiatan. Salah satunya, dengan menggalakkan Teater Abang None, yang melibatkannnya sebagai produser  sejak 2009.

"Jadi, sebenarnya awal muasalnya saya mengajak Abang None Jakarta ini untuk terlibat dalam teater adalah, pada saat saya ikut Abang None 1993, saya ditanya jurinnya, Ibu Poppy Dharsono, apa yang akan dilakukan kalau menang, saya bilang, 'Kalau saya menang, saya ingin membuat kegiatan buat pemuda Betawi'," kenang Maudy dalam jumpa pers Sandiwara Betawi Soekma Djaja di Mamacita, Senayan City, Jakarta, Minggu (26/5/2013).

"Menjadi None Jakarta di 1993 itu memberikan pengalaman yang baik bagi saya, dan ini saatnya saya harus mengembalikan kebaikan itu semua," lanjut ibu satu anak ini.

Tahun ini Maudy memenuhi janjinya dengan membuat pertunjukan musik tradisional Betawi gambang kromong dalam kemasan Sandiwara Betawi Soekma Djaja, yang bermisi melestarikan budaya tersebut.

"Ini usaha saya pribadi dan Ikatan Abang None Jakarta (IANTA), memang usaha untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Betawi dalam kemasan yang ringan dan lucu," jelas Maudy.

"Kami kali ini mengangkat kehidupan dari seniman gambang kromong dan keluarganya di tengah kota metropolitan Jakarta. Kita lihat sekarang sudah banyak ondel-ondel yang ngamen," lanjutnya.

Sandiwara Betawi Soekma Djaja akan naik pentas pada 5-6 Juni 2013 di Gedung Kesenian Jakarta, dalam rangka ulang tahun ke-486 Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com