Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Kanker Payudara, Bibi Angelina Jolie Meninggal Dunia

Kompas.com - 27/05/2013, 15:52 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Bibi aktris Angelina Jolie, Debbie Martin, meninggal dunia karena kanker payudara, dua minggu setelah Jolie menjalani mastektomi ganda untuk menghindari penyakit yang sama.

Debbie mengembuskan nafas terakhirnya di Palomar Medical Centre di Escondido, AS, Minggu (26/5/2013) waktu setempat, dalam usia 61, demikan ungkap pihak rumah sakit. Debbie merupakan saudara kandung ibu Jolie, Marcia Lynne (Marcheline) Bertrand, yang meninggal dunia karena kanker ovarium pada 2007 dalam umur 56 tahun.

Suami Debbie, Ron Martin, mengatakan bahwa dua saudara perempuan itu sama-sama memiliki gen BRCA1 yang bermutasi, yang pada akhirnya juga diturunkan kepada Jolie.

"Angelina terus berkomunikasi sepanjang minggu dan saudaranya, Jamie, juga telah mendampingi kami, memberikan dukungan hari demi hari," kata Ron kepada E! News.

"Mereka berdua sangat mencintai Debbie dan, meskipun Angie tidak bisa datang sekarang, dia telah mengirimkan cinta dan dukungannya."

Dipuji
Ron, yang dikutip oleh Associated Press, juga memuji Jolie karena memilih untuk menjalani mastektomi ganda. "Kita tahu, kita pasti akan melakukan apa yang Angelina lakukan," ucapnya.

Pada 14 Mei 2013, Jolie, yang berusia 37 tahun, menulis di New York Times bahwa  ia telah menjalani operasi setelah dokter imemerkirakan ia memiliki resiko 87 persen terkena kanker payudara dan risiko 50 persen kanker ovarium.

"Saya memutuskan untuk menjadi proaktif dan untuk meminimalkan risiko sebanyak yang saya bisa," jelas istri aktor Brad Pitt ini seraya menambahkan bahwa peluangnya terkena kanker payudara kini telah turun menjadi di bawah lima persen.

Gen BRCA1 ada pada tiap orang tetapi hanya bermutasi pada satu dari 1.000 orang. Siapa pun dengan mutasi memiliki kesempatan 50-80 persen terkena kanker payudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com