Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Satu, Wakil Indonesia di "The Apprentice Asia"

Kompas.com - 31/05/2013, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com The Apprentice Asia, sebuah reality show yang menyajikan persaingan 12 kandidat dari 9 negara untuk memperebutkan posisi sebagai tangan kanan Tony Fernandes (Executive Chairman Tune Group dan Group Chief Executive Director AirAsia) untuk salah satu perusahaan Tune Group berjalan semakin sengit. Sayang, wakil Indonesia tersisa satu orang, yakni Dian Krishna (Puteri Indonesia 2003).

Selain Dian, Indonesia awalnya diwakili Hendy Setiono, pengusaha Kebab Baba Rafi. Sayang, langkah Hendy harus terhenti di episode perdana. Kejadian bermula saat peserta diuji untuk menjual ikan-ikan segar. Tim dengan laba paling besar keluar sebagai pemenang.

Sebanyak 12 kandidat dibagi menjadi dua, tim pria menamai dirinya tim "Mavericks" dan wanita dengan tim "Apex". Hendy langsung mengajukan diri sebagai Project Manager Tim Mavericks, sementara Aisyah dari Malaysia dipilih anggotanya untuk memimpin tim Apex.

Beradu ide, debat yang berkepanjangan terjadi dalam tim pria. Tidak ada yang mengalahkan egonya untuk dipimpin oleh rekan satu timnya. Sebaliknya, tim wanita bisa merencanakan segala sesuatunya.

Hasilnya bisa ditebak, Mavericks mengalami kerugian lebih besar. Seperti The Apprentice lainnya, Hendy harus memilih dua anggota timnya ke sesi eliminasi. Langkah aneh, unik, dan baru pertama kali dalam sejarah The Apprentice, Hendy sendiri yang memutuskan mundur dari acara itu.

"Sebagai pemimpin proyek, saya bertanggung jawab atas kekalahan tim," ujar Hendy seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Saya tahu arah pembicaraan kamu. Hendy, you're fired!," tegas Tony yang menandakan Hendy harus segera berkemas.

"Sebagai project leader, saya harus berani mengambil risiko dan bertanggung jawab atas risiko tersebut. Karena tim saya kalah, saya harus bertanggung jawab atas kekalahan ini. Saya mengambil hikmah dan pembelajaran dari pengalaman ini. Yang paling berkesan adalah, walaupun cuma sehari, tetapi saya bisa menjadi pimpinan dengan anak buah dari berbagai negara. Saya juga paham sekarang bagaimana rasanya tereliminasi dan dipulangkan. Tapi pastinya, ke depan berusaha lebih baik lagi," papar Hendy seusai tereliminasi di ajang tersebut.

Lewat kesempatan itu, Hendy mengaku ditawari peluang untuk berjualan Kebab Baba Rafi di Air Asia. Kesempatan langka yang ia dapat.

Dian sebagai satu-satunya wakil Indonesia masih coba bertahan. Ia menyadari bahwa lewat acara itu banyak yang bisa didapat baik dari peserta maupun penonton.

"The Apprentice Asia benar-benar mengajarkan dan menantang kita dari sisi karier dan kewirausahaan," ujar Dian.

Kini ia harus melawan kandidat lainnya, yakni Nazril Idrus (financial coach, Malaysia), Ng Kian Tat (entrepreneur, Malaysia), Nik Aisyah Amirah (auditor, Malaysia), Celine Le Neindre (konsultan F&B, Filipina), Jonathan Allen Yabut (senior product manager perusahaan farmasi, Filipina), Andrea Loh Ern-Yu (pengacara, Singapura), Alexis Lothar Baudin (direktur kawasan Asia Pasifik di perusahaan minuman keras premium, China), Dusadee Oeawpanic (pemilik bar & bistro, Thailand), Ningku Lachungpa (direktur perusahaan infrastruktur, India), dan Samuel Ruffus Nalaraj (wakil presiden di perusahaan IT, India).

Seperti apa kelanjutannya, The Apprentice Asia akan kembali hadir setiap Rabu pukul 20.05 di AXN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com