Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadine Zamira Merasa Ada Getaran Hati

Kompas.com - 11/06/2013, 12:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM -- Miss Indonesia Earth 2009 Nadine Zamira (29) merasa prihatin dengan generasi muda yang tidak peduli lingkungan. Padahal, tanggung jawab menjaga kelestarian alam ada di pundak mereka. 

"Saya beruntung sekali sejak kecil mempunyai banyak kegiatan di luar ruangan, dan berinteraksi dengan lingkungan sehingga sensitivitas terhadap alam terbangun sejak dini," ungkap Nadine saat berbicara di depan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Di acara Green Living n Youth Creativity, akhir pekan lalu itu, Nadine mengatakan banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan generasi muda untuk ikut peduli terhadap lingkungan. Misalnya, menggalang petisi cinta lingkungan, demo sosial lingkungan atau mendukung suatu kegiatan yang pelestarian lingkungan.

“Dibutuhkan generasi muda yang kreatif dan bisa memanfaatkan kesempatan yang ada di depan mata. Isu-isu lingkungan juga bisa profitable, tetapi juga membawa pengaruh baik bagi bumi tercinta,” ujar pendiri konsultan komunikasi lingkungan, LeafPlus ini.

Bila berinteraksi dengan lingkungan, Nadine merasakan getaran hati seperti cinta pertama. “Saya ingin sekali generasi muda juga merasakan hal itu, Bayangkan saja, semua kekayaan alam yang kita miliki, 18 persen jenis terumbu karang dari seluruh dunia ada di laut kita. Selain itu, 6.000 spesies anggrek, komodo, dan ikan yang paling kecil juga ada di Indonesia,” ujarnya.

Dia pun menyebutkan beberapa tempat indah yang pernah dikunjunginya, mulai dari gua vertikal, hutan purba dan laut. "Sekarang saya senang menyelam, menikmati indahnya dunia lain di bawah laut. Saya pernah bertemu ikan paus hiu, rasanya kita ini hanya tamu di dunia mereka. Pengalaman itu membuat saya harus berbagi ruang dengan makhluk hidup lainnya," ungkap Nadine. (SIE)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com