Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oprah Winfrey Sumbang 12 Juta Dollar AS untuk Museum Afrika Amerika

Kompas.com - 13/06/2013, 13:56 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.COM -- Pembawa acara televisi AS Oprah Winfrey menyumbang 12 juta dollar AS (Rp118 miliar) kepada sebuah museum di Washington DC, AS, yang didedikasikan untuk sejarah Afrika Amerika.

Sesudah memberi 1 juta dollar AS untuk National Museum of African American History and Culture itu, sumbangan Oprah tercatat sebagai yang terbesar.

Museum yang terletak di National Mall, Washington DC, tersebut dijadwalkan akan rampung pada 2015. Gedung itu juga akan menjadi rumah untuk teater berkapasitas 35 kursi yang dinamakan Oprah. Salah satu perempuan terkaya di dunia tersebut juga duduk di dewan pembina museum itu.

Lonnie Bunch, direktur museum tersebut, mengatakan bahwa Winfrey terlibat sejak awal pembangunan museum itu dan keduanya sudah membahas kemungkinan memamerkan benda-benda kenangan miliknya.

Lonnie mengatakan bahwa ia ingin memiliki salah satu mikrofon yang digunakan dalam acara bincang-bincang televisi Winfrey. Program dengan penonton terbanyak dalam sejarah televisi AS itu berakhir pada 2011 setelah 25 tahun mengudara.

Koleksi museum tersebut diharapkan bisa menceritakan sejarah dan budaya Afrika Amerika sejak zaman perbudakan hingga periode sesudah perang sipil, era hak sipil, Harlem Renaissance, dan abad ke-21. Dalam pernyataan yang dirilis pihak museum itu, Winfrey mengatakan, "Saya sangat apresiatif terhadap mereka yang membuka jalan untuk saya dan semua yang mengikuti jejaknya."

Lanjutnya, "Dengan berinvestasi di museum, saya ingin memastikan bahwa kita menghargai dan merawat budaya serta sejarah kita, sehingga kisah-kisah tentang kita akan tetap hidup hingga generasi yang akan datang."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com