Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Diproduksi "Star Wars" dan "Avatar" Rasa Broadway

Kompas.com - 13/07/2013, 12:45 WIB


LOS ANGELES, KOMPAS.com —
Sejumlah film produksi 20th Century Fox yang sukses akan diadaptasi menjadi drama musikal Broadway.

Studio film Hollywood akan bekerja sama dengan produser top Broadway untuk mengembangkan film-film produksi Fox menjadi drama musikal.

"Tetapi, kami ingin melakukannya dengan benar dan yang paling penting adalah memilih orang-orang yang tepat."

Kevin McCollum, produser di balik panggung Broadway yang sukses dengan garapannya, Rent dan Avenue Q, termasuk dalam tim yang turut mendanai operasional rencana ini.

Lima puluh persen investasi datang dari Fox, sementara bersama dengan produser film, John Davis, dan pengusaha hiburan, Tom McGrath, McCollum akan menanamkan setengahnya lagi.

Sembilan dari 12 film akan diadaptasi menjadi musikal, yang akan ditayangkan di panggung Broadway atau melakukan tur di Amerika Serikat.

Potensi laba

McCollum menolak menyebutkan film apa saja yang akan menjadi kandidat, tetapi daftar katalog Fox termasuk film-film box office seperti Star WarsHome Alone, dan Avatar.

"Yang terpenting adalah tidak memaksakan apa pun," ujar Davis, yang film produksinya termasuk Doctor DolittlePredator, dan I, Robot.

"Film-film besar tidak selalu sukses saat dibawa ke panggung," tambahnya.

Salah satu penyandang dana, McGrath, sebelumnya bekerja untuk Viacom saat ia terlibat dalam adaptasi musikal produksi Paramount, White ChristmasFootloose, dan Saturday Night Fever.

McCollum yang pernah membawa film High Fidelity ke Broadway pada 2006 baru saja mendapatkan empat nominasi Tony Awards bersama Motown untuk karyanya yang berjudul The Musical.

Warner Brothers, MGM, Sony, dan Universal juga beroperasi di Broadway dalam berbagai skala, di mana nilai kerugian relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan industri film.

Sementara mereka juga bisa mendapat laba yang sangat besar, seperti Disney yang meraup lebih satu miliar dollar berkat tur Lion King.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com