Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Tahun Peringatan Kematian Bruce Lee

Kompas.com - 20/07/2013, 14:50 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com — Dunia mengenalnya sebagai sosok Bruce Lee, artis laga blasteran China-AS, yang berpenampilan dingin dan meledak-ledak seperti terpancar dalam film-filmnya yang mendunia di awal 1970-an.

 

Dia telah membintangi lima film sebagai orang dewasa dan hanya tiga yang dirilis sebelum kematiannya yang mendadak di Hongkong pada usia 32 tahun.

Namun, pesona hidupnya, filsafat, dan segala warisan yang dilekatkan pada dirinya terus hidup melintasi batasan usia dan kebangsaan.

Dimulai pada Sabtu (20/7/2013) ini, Hongkong akan memperingati 40 tahun kematian Bruce Lee dengan membuka pameran selama lima tahun tentang perjalanan hidupnya di gedung museum setempat.

"Sangat beralasan saat ini kita mengenang sosok Bruce Lee, tetapi bukan sekadar bernostalgia, tetapi dengan memahami perjalanan dan filosofi hidupnya serta bagaimana dia menjalani hidup dalam kesehariannya," kata Shannon Lee, putri Bruce Lee satu-satunya.

"Kalau dia ditampilkan hanya semata karena latarnya sebagai bintang laga, tak banyak inspirasi yang bisa digali dari dirinya. Itu juga kurang relevan."

Yayasan Bruce Lee yang berkantor di AS dan dipimpin langsung oleh Shannon Lee telah meminjamkan ratusan barang terkait mendiang ayahnya untuk dipamerkan.

Di antara 600 barang yang dipamerkan, ada pakaian olahraga warna kuning yang dikenakan Bruce Lee dalam film yang dibintanginya, Game of Death, beberapa puisinya yang ditulisnya dalam bahasa Inggris, foto keluarga, dan buku catatannya.

Film "The Big Boss"

Pameran perjalanan hidup Bruce Lee digelar di Hongkong dengan menampilkan berbagai atribut terkait mendiang.

Bruce Lee lahir di San Francisco, AS, pada 1940, dan keluarganya memboyongnya ke Hongkong ketika dia berusia beberapa bulan.

Dalam perjalanannya, Bruce Lee dikenal sebagai aktor film yang berbakat dalam seni bela diri.

Namun, dia dianggap mengabaikan sekolahnya. Dia dikirim kembali ke AS saat dia berusia 18 tahun.

Selama di perguruan tinggi, Bruce Lee mengajarkan seni bela diri ala China. Dia kemudian menikahi salah seorang muridnya, Linda.

Bruce Lee kemudian memboyong keluarga kecilnya ke California, di mana dia akhirnya terlibat film serial TV, Green Hornet.

Setelah kurang meraih kesuksesan di dunia film laga di Hollywood, Lee memutuskan kembali ke Hongkong, sebuah keputusan yang kelak mengubah perjalanan hidupnya.

Di Hongkong, Lee dipercaya tampil sebagai bintang utama film laga berjudul The Big Boss, yang kemudian film ini meledak di pasar Asia dan mengorbitkan namanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com