Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Upside Down": Ketika Cinta Melawan Gravitasi

Kompas.com - 21/07/2013, 12:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kekayaan imajinasi dituangkan secara visual dengan indah di film ini. Bayangkan jika planet Bumi punya kembaran, begitu dekat hingga berbagi atmosfer yang sama, tetapi masing-masing punya gaya gravitasi berlawanan. Lalu, dua anak manusia dari planet atas-bawah ini saling jatuh cinta dan bergulirlah cerita tentang upaya mereka melawan gravitasi, demi cinta.

Hal pertama yang menarik dari film arahan Juan Solanas—juga sekaligus penulis ceritanya—ini adalah latar ceritanya. Dua planet, bisa disebut planet atas dan planet bawah, berdekatan tetapi memiliki tarikan gravitasi yang berlawanan. Begitu dekat sehingga pucuk-pucuk gedung gemerlapan di planet atas adalah pemandangan langit bagi planet bawah.

Sementara planet atas gemerlap, planet bawah tak ubahnya area kumuh, miskin, nyaris tanpa pasokan listrik. Di sini, konteks ekonomi dimasukkan, tentang betapa dahsyat eksploitasi korporasi. Satu-satunya "jembatan" antara kedua planet itu adalah gedung pencakar langit milik korporasi Transworld yang sangat berkuasa. Transworld menyedot sumber daya alam planet bawah untuk kesejahteraan planet atas.

Tepat di lantai tengah gedung Transworld, orang-orang dari kedua planet bekerja bersama dalam satu ruangan. Bagi penghuni planet bawah di ruang itu, penghuni planet atas seperti jalan-jalan dan beraktivitas di langit-langit ruangan, begitu pun sebaliknya.

Cerita versus latar
Pertukaran barang dan orang antara kedua planet dilarang keras. Akan tetapi, Adam (Jim Sturgess), seorang anak muda dari planet bawah, dan Eden (Kirsten Dunst) justru saling jatuh cinta. Tempat pertemuan pertama mereka—saat mereka masih anak-anak—adalah puncak perbukitan tertinggi di kedua planet. Di puncak itu, jarak kedua planet jadi makin dekat. Mereka bisa berbincang, bahkan lebih berdekatan lagi, tentu dengan posisi tubuh yang unik karena perbedaan gaya gravitasi itu.

Setelah terpisah 10 tahun, Adam bertekad menemukan kembali kekasihnya. Menemui Eden di planet atas tentu tak gampang sekaligus terlarang. Di sini, cerita dibuat ala Romeo dan Juliet. Namun, kisah cinta ini seperti kurang gereget dibandingkan latarnya yang begitu besar dan kompleks. Percintaan Adam dan Eden tak menjadi jalan untuk menggugat ketimpangan tatanan sosial yang sudah begitu rapi dideskripsikan.

Di samping daya tarik Jim Sturgess dan Kirsten Dunst, penampilan aktor Inggris Timothy Spall sebagai Bob—satu-satunya kawan Adam dari planet atas—memberi sentuhan manusiawi yang menyegarkan di film ini.

Bagaimanapun, Upside Down menawarkan suguhan visual yang memanjakan mata. (DAY)

Sutradara/skenario: Juan Diego Solanasu
Pemeran: Jim Sturgess, Kirsten Dunst.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com