Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata Membagi Waktu untuk Pelajar di Kampungnya

Kompas.com - 01/08/2013, 13:10 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Di tengah kesibukannya menyelesaikan shooting film Edensor di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan di Perancis, penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata, berupaya menyediakan waktu untuk berbagi ilmu kepada murid-murid SD dan SMP di Belitung, kampung halamannya.

"Sebulan sekali atau seminggu dua kali, saya mengajar pelajaran mengarang, matematika, dan bahasa Inggris kepada 19 siswa-siswi di sebuah ruangan di depan Masjid Al-Hikmah, Belitung," kata Andrea saat buka puasa bersama di Balai Kartini, Jakarta, akhir pekan lalu.

Andrea menyampaikan harapannya kepada generasi muda agar mengejar pendidikan setinggi-tingginya. "Bagi yang telah selesai, bagikanlah ilmu yang telah didapat kepada sesama. Ini sesuai dengan semangat di bulan Ramadhan," ujarnya.

Andrea juga memberikan pelajaran mengarang bagi sembilan penerima manfaat, yaitu pasien rehabilitasi yang telah sembuh dari rumah sakit jiwa. Kesembilan penerima manfaat itu berusia 20-30 tahunan dan berada di Panti Laras Hijrah, Belitung Timur.

"Menjadi tantangan dan kebahagiaan tersendiri saat bisa terlibat dalam proses penyembuhan mereka, terutama untuk kembali ke tengah masyarakat. Jadi, mari berbagi," ajak penyuka kurma sebagai menu buka puasa itu. (K09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com