Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Lipsync" di The X Factor Around The World?

Kompas.com - 25/08/2013, 15:30 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum pertunjukan The X Factor Around The World di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/8/2013), berakhir, sejumlah finalis The X Factor Indonesia ikut naik ke pentas, yaitu Isa Raja, Mikha Angelo, Nu Dimension (NuDi), dan Shena Malsiana, untuk penampilan penutup. Secara bergantian mereka membawakan medley lagu-lagu karya Ahmad Dhani.

Namun, tampak gerak bibir mereka ketika menyanyi tak sesuai dengan suara yang keluar. Ada yang menduga, mereka melakukan itu secara lipsync. Kritik melalui media sosial, seperti Twitter, pun muncul.

"I just can't understand, kenapa event sebesar X-Factor Aorund the World, finali XF Indo pada lip sing! Parah!!!" kicau seorang pengguna Twitter.

Tweet serupa lainnya berhamburan, sementara segelintir orang mencoba mengerti sulitnya membawakan medley dari lagu-lagu yang di-remix itu. Lantas, benarkah mereka membawakannya secara lipsync?

"Suaranya ke-delay, kita semua nyanyi (live) kok, suaranya aja ke-delay. Tetap live kok tadi, minus one aja (musik yang diperdengarkan merupakan hasil rekaman)," kilah El, salah satu personel NuDi.

Berbeda dengan El, Mikha justru mengaku bahwa mereka menyanyikan lagu itu secara lipsync.

"Aduh, tadi tuh enggak jelas banget. Sudah stand by di balik LED, sudah latihan, diliatin juga sama juri internasional, tiba-tiba dikasih tanda L yang artinya lipsync. Awalnya mau minus one, tapi enggak tahu kenapa jadi gitu. Mau nolak, ganti materi sudah enggak bisa," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com