Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metallica: Anda Tetap Keluarga yang Selalu Setia

Kompas.com - 26/08/2013, 10:59 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kenangan "Lebak Bulus 1993", yang memilukan, rupanya tak membuat grup metal dari AS Metallica--yang terdiri dari James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammett (gitar), Robert Trujillo (bas), dan Lars Ulrich (drum)--kapok untuk kembali menggetarkan Jakarta. Kejadian itu memang menjadi catatan hitam, namun Metallica tetap menganggap para penggemar mereka di Indonesia sebagai keluarga yang selalu setia menemani mereka sejak terbentuk di Los Angeles, California, pada 1981.

"Butuh waktu hingga 20 tahun untuk kembali ke sini, Jakarta. Anda tetap keluarga yang selalu setia kepada kami sejak dulu," seru Hetfield di tengah konser Metallica, yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (25/8/2013) malam.

Mengikuti ungkapan emosi tersebut, Metallica lalu menyuguhkan "Welcome Home (Sanitarium)" dan "Sad But True". Bahkan, saking intimnya dengan kira-kira 60 ribu penonton, Metallica menantang para penonton untuk menyebutkan lagu-lagu yang ingin mereka nikmati bersama.

"Coba, kami mau mendengar Anda ingin mendengarkan lagu apa?" kata Hetfield. "Semuanya? Baiklah kalau begitu. Kita mulai dulu dengan yang satu ini," lanjutnya sambil terus menghantam SUGBK dengan dentuman musik metal.

Tanpa terasa, banyak hit legendaris Metallica, seperti "Hit The Lights", "Master of Puppets", "Fuel", "Fade to Black", "For Whom The Bell Tolls", "One", "Nothing Else Matters", dan "Enter Sandman" sudah disuguhkan. Kemudian, dengan bahasa isyarat, Hetfield bersama rekan-rekannya memberi tahu kepada para penonton bahwa mereka mulai kelelahan.

"Terima kasih, pertunjukan telah usai. Kini saatnya Anda kembali ke rumah dengan kendaraan Anda, kemudian tidurlah," ungkap Hetfield dengan bahasa isyarat.

Namun, kerinduan para penonton agaknya belum terobati sepenuhnya. Mereka menginginkan Metallica memberi beberapa bonus lagu. Mereka pun meminta Hetfield untuk kembali menimang gitar listrik kesayangannya. "We want more," terdengar paduan suara penonton yang dibalas dengan raungan panjang distorsi gitar Hammett. "Baiklah, hanya tiga kata, 'Seek and Destroy'," teriak Hetfield sebelum memenuhi harapan para penonton dengan hit tersebut dan beberapa lagu lain yang benar-benar menuntaskan konser Metallica malam itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com