Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film-film Laris Musim Panas 2013 di AS Pecahkan Rekor

Kompas.com - 04/09/2013, 14:23 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Pemasukan film-film laris di AS sepanjang musim panas 2013 memecahkan rekor dengan angka 4,7 miliar dollar AS. Jumlah itu merupakan peningkatan sebesar 10,2 persen dibandingkan dengan pemasukan tahun lalu.

Film-film seperti Iron Man 3, Man of Steel, dan Despicable Me 2 membantu peningkatan pemasukan di tengah lesunya beberapa film, antara lain The Lone Ranger, After Earth, dan The Wolverine.

Banyaknya judul film baru yang dirilis sepanjang musim panas tahun ini juga meningkatkan jumlah penonton hingga 573 juta atau bertambah 6,6 persen dibandingkan dengan yang tahun lalu. Iron Man 3 menjadi film dengan pemasukan terbesar pada priode ini dengan 408,6 juta dollar AS.

Walau peningkatan pemasukan juga didorong oleh kenaikan harga tiket film di gedung bioskop, dengan rata-rata 27 sen, tetap terjadi peningkatan atas minat film-film laris.

Penguatan industri
Presiden Asosiasi Nasional Pemilik Bioskop, John Fithian, menegaskan bahwa statistik musim panas itu memerlihatkan kekuatan industri film. "Beberapa film menderita karena antrean padat," tuturnya kepada kantor berita AP.

"Bulan Januari dan Februari (2013), kita menghadapi produk yang sedikit dan sejumlah kecil film berbiaya besar. Mungkin salah satu yang mengangkat pada musim panas adalah kita memiliki setumpuk besar film dan mari kita lepas sebagian dari mereka dan mengambil keuntungan sepanjang tahun," lanjutnya.

Bagaimana pun, Paul Derharabedian dari Hollywood.com mengatakan bahwa situasi umumnya mungkin tidak akan berubah, karena biasanya studio-studio Hollywood memang memanfaatkan liburan musim panas untuk meraih sebanyak mungkin penonton.

Beberapa film laris pada musim panas tahun ini tergolong film berbiaya murah seperti The Purge, The Conjuring, This Is The End, dan We're The Millers.

Sementara itu, The Lone Ranger--yang menghabiskan biaya produksi 215 juta dollar AS lebih--bisa dikatakan paling lesu karena hanya meraih 88,4 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com