Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detektif Hercule Poirot Akan Hadir Lagi lewat Novel Baru

Kompas.com - 04/09/2013, 15:13 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Hercule Poirot, detektif berkumis terkenal dari Belgia yang dicipta oleh novelis Agatha Christie, akan kembali lewat novel baru yang pembuatannya didukung oleh keluarga sang penulis.

Novelis kriminal dan penyair Sophie Hannah akan menulis novel yang belum diberi judul ini. Direncanakan, kisah baru Poirot ini akan diterbitkan pada September 2014. Ini akan menjadi novel resmi pertama yang melanjutkan kisah yang ditulis sebelumnya oleh Christie.

Hannah mengatakan, Christie merupakan penulis yang membuatnya "jatuh cinta kepada fiksi misteri" pada usia 13 tahun.

"Saya membaca dan mengoleksi semua novelnya dalam setahun dan telah menjadi penggemar setia yang bersemangat--beberapa kali, bahkan menjadi obsesif-- sejak saat itu," tutur Hannah.

"Adalah Hercule Poirot dan Nona Marple yang membuat saya ingin mendedikasikan pekerjaan saya menulis fiksi kriminal dan, penciptaan alur Christie yang brilian dan pemahaman yang dalam tentang psikologi manusia, telah membentuk identitas saya sebagai novelis kriminal," sambungnya.

"Karena itu, hampir tidak mungkin untuk menggambarkan dengan kata-kata betapa saya tersanjung ketika dipercaya untuk proyek yang luar biasa ini. Pada kenyataannya, saya masih tak bisa percaya bahwa ini benar-benar terjadi," tuturnya lagi.

Antusiasme
Novel kriminal yang ditulis oleh Hannah ini terbit lebih dari 90 tahun sesudah Christie memerkenalkan Poirot dalam novel perdananya, The Mysterious Affair at Styles, pada 1920. Christie meninggal pada 1976.

Menurut cucu Christie, Mathew Prichard, ini merupakan "kebetulan murni" yang membuat Hannah terpilih untuk proyek itu. "Agennya mendekati (penerbit) HarperCollins persis pada minggu yang sama ketika rekan-rekan saya dan saya telah mulai membahas buku baru Christie," katanya.

Berbicara kepada BBC, Selasa (3/8/2013) waktu setempat, Prichard mengatakan tentang Hannah, "Ini adalah tentang antusiasme dan rasa hormatnya kepada nenek saya, sebagai seorang penulis yang (pada akhirnya) meyakinkan kami bahwa dia adalah orang tepat untuk mengambil tugas yang menantang ini."

Dia mengatakan bahwa ide buku baru Poirot ini sebagian didorong oleh keinginannya untuk menarik perhatian orang kepada kerja luar biasa yang dilakukan oleh neneknya, terutama kepada khalayak yang lebih muda.

Agatha Christie
- Agatha Christie lahir pada 1890 di Torquay, Devon, dan wafat pada 1976
- Ia menulis 80 novel kriminal dan koleksi cerita pendek, dua otobiografi dan delapan novel dengan nama samaran Mary Westmacott
- Ia telah menjual lebih dari dua miliar buku di seluruh dunia
- Hercule Poirot diperkenalkan dalam novel pertama Christie, The Mysterious Affair at Styles, yang ditulis menjelang berakhirnya Perang Dunia I dan diterbitkan pada 1920
- Pada 1940-an ia menulis Curtain (Poirot's Last Adventure), tapi novel itu baru diterbitkan pada 1970
- The Mousetrap, pertunjukan drama Christie yang paling sukses, dimulai pada 1952 dan merupakan pertunjukan drama yang dipentaskan dalam waktu terpanjang di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com