Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Pop Tak Pernah Merasa Tua

Kompas.com - 04/09/2013, 19:29 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup vokal dari Bandung Project Pop kini sudah berusia 17 tahun. Namun, angka tersebut tak membuat Hermann Josis Mokalu (Yosi), Gumilar Nurochman (Gugum), Wahyudi Rudi Astadi (Odie), Mochammad Fachroni (Oon), Kartika Rachel Pangabean (Tika), dan Djoni Permata (Udjo) merasa tua dalam industri musik Indonesia.

"Kami enggak merasa tua. Usia sih memang enggak tua, tapi usianya tambah banyak," kata Oon lalu tertawa dalam jumpa pers acara syukuran dan peluncuran album kesembilan Project Pop, Move On, di Aria Cafe, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2013).

Justru pada usia ke-17, Project Pop merasa seperti terlahir kembali dengan merilis album Move On, yang berisi lima lagu baru--"Move On", "Gara Gara Kahitna", "BDG40", "Plis Plis Polisi", dan "Sama Sama".

"Kami ingin menandai kembalinya kami ke dunia musik dengan lima lagu baru dan lima lagu lama ('Goyang Duyu', 'Together Hamburger', 'Beda Sama Kamu', 'TTN', dan 'Ingatlah Hari Ini') yang kami rearrange," jelas Gugum.

Karena berjiwa muda, Project Pop juga beradaptasi dengan musik masa kini yang sedang digemari. "Kalau inspirasi, banyak dari kejadian sehari-hari. Seperti Yosi yang bikin lagu 'Move On'. Itu seperti yang kita lihat ada di social media banyak pakai kata move on. Lagunya sendiri ada yang pakai musik One Direction, Carly Rae Japsen, sampai Raisa juga ada," jelas Tika.

Selain itu, 17 tahun juga memiliki dua makna khusus bagi keenam personel Project Pop. "Yang pertama, kalau bicara tentang eksistensi di dunia musik, kami harus terus berkarya. Yang kedua, kalau bicara internal, kami semakin saling mengenal," kata Yosi. "Dan, kami tidak ada yang dituakan, enggak ada yang jadi ketua. Kami ini berenam sederajat semua. Bedanya kan kalau di band ada front man," tambah Oon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com