Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Musik 3 Hari Rayakan 25 Tahun Purwacaraka Music Studio

Kompas.com - 14/09/2013, 13:42 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Purwacaraka Music Studio (PCMS) menggelar pesta musik 3 hari, 13-15 September 2013 untuk menandai perayaan hari jadinya yang ke-25.

"Jadi sebenarnya angka 25 ini selalu disebut sebagai waktu yang di selebrasi. 25 itu penting lho," kata Purwa Caraka di Bandung, Jumat, (13/9/2013) malam.

Dari kepiawaiannya bermain musik dengan bakat sejak kecil, Purwa Caraka mendirikan sekolah musik di Bandung pada tahun 1988 yang diberi nama Purwacaraka Music Studio. Rumah kecil di Jalan Mangga No. 12 Bandung menjadi awal tempat berdirinya PCMS.

Purwa mengatakan berjalannya perjuangan hingga sampai sekarang berusia 25 tahun ini, Purwacaraka Music Studio telah mempunyai 88 cabang sekolah musik di seluruhTanah Air, khususnya di Bandung. Purwa mengatakan ada 20.000 siswa mendaftar setiap tahunnya. Selain itu, tenaga pengajar berbagai jenis alat dan aliran musik saat ini sudah ada 1.800 pengajar dan 200 karyawan lainnya. 

Pada hari jadinya yang ke-25 itu, Purwa menggelar perayaan dengan berbagai kegiatan, khususnya di bidang musik yang kebanyakan diikuti oleh anak-anak. Pesta musik digelar di Mall Festival Citylink, Jalan Peta, Bandung.

"Dengan acara ini kita ingin memperkenalkan banyak manfaat pentingnya pendidikan musik dalam perkembangan seorang individu, khususnya anak-anak," kata Purwa.

Acara yang akan ditampilkan adalah penampilan siswa-siswi PCMS dari cabang wilayah Bandung dan sekitarnya, penampilan siswa-siswi PCMS yang berprestasi, rampak perkusi, bintang tamu dan talkshow "Debat Krisis Lagu Anak".

Selain itu, tak kalah menarik pada Sabtu ini, 500 anak dari SD-SD pinggiran di Bandung yang telah menerima bantuan dari PCMS berupa alat musik akan secara bersama-sama memainkan alat musik Sunda, yakni 'angklung'.

Turut akan hadir dalam acara itu Dygta dan Blink. Kedua group band ini mempunyai hubungan erat dengan PCMS karena para personel dari group band tersebut adalah pengajar musik di sekolah PCMS.

Selain konser musik, Purwa menggelar kegiatan lainnya dengan bentuk bakti sosial, seperti donor darah, sunatan masal, sumbangan alat musik kepada sekolah-sekolah dasar dan lainnya. Kegiatan lain yakni, kegiatan melukis diatas piano, acara pesta lagu anak Indonesia.

"Kita lakukan apapun selama itu untuk kebaikan dan mendidik anak-anak, asal jangan korupsi," sindirnya.

Puncak acara hari jadi PCMS yang ke-25 iberupa konser akbar yang akan digelar pada 23 November 2013 di Balai Sarbini, Jakarta.

"Pada acara akbar kita kan menampilkan siswa-siswi terpilih dan berprestasi dari seluruh cabang PCMS di seluruh Indonesia," katanya.

Purwa berharap PCMS bisa dapat lebih diterima di masyarakat. Selain itu. PCMS dapat menjadi penyokong untuk kemajuan musik di tanah air, musik daerah, maupun nasional.

"Mudah-mudahan keberadaanya dapat semakin baik, menjadi momok untuk melahirkan bakat-bakat musik anak Indonesia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com