Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mira Lesmana: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

Kompas.com - 17/09/2013, 11:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara dan produser film Mira Lesmana (49) mengungkapkan keprihatinannya terhadap dunia film di Indonesia. Menurut dia, wajah film Indonesia sangat didominasi oleh wajah Jakarta. Dia cemas, aspirasi yang muncul dari generasi muda saat ini hanya mengacu pada Jakarta.

"Saat ini, 80 persen wajah film Indonesia adalah Jawa, khususnya Jakarta. Wajah Indonesia yang kaya keberagaman tidak dapat dilihat secara lengkap," papar Mira, pekan lalu, dalam dialog terkait Makassar SEAScreen Academy.

Makassar SEAScreen Academy adalah sebuah workshop perfilman bagi sineas muda dari Indonesia timur. Acara yang digagas oleh sutradara Riri Riza ini akan digelar untuk kedua kalinya pada 4-8 Oktober di Makassar, Sulawesi Selatan. Di situ Mira berperan sebagai kepala sekolah.

"Di dunia film kita, Indonesia timur adalah tempat yang sangat tidak dikenal. Industri film juga hanya ada di Jakarta. Padahal, banyak kisah dari Indonesia timur yang bisa diangkat," kata Mira.

Makassar SEAScreen Academy diharapkan memunculkan sineas muda yang akan melahirkan karya beragam sesuai latar belakang daerah mereka. Ajang ini juga diharapkan dalam jangka panjang dapat menumbuhkan jaringan distribusi film di Indonesia timur. (DOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com