Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Claire Danes Bawa Pulang Penghargaan Emmy

Kompas.com - 24/09/2013, 10:27 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Claire Danes memenangkan penghargaan pada 2013 Primetime Emmy Awards atau yang ke-65 dan diselenggarakan di Nokia Theatre L.A. Live, Los Angeles (California, AS), pada 22 September waktu setempat. Pada ajang penganugerahan penghargaan-penghargaan bagi insan dan karya terbaik dalam industri tayangan TV itu, Danes unggul dalam kategori Best Actress in a Drama Series (aktris terbaik dalam seri drama) berkat perannya dalam Homeland.

Dalam film seri laris tersebut, aktris AS itu berperan sebagai tokoh Carrie Mathison, seorang penyelidik CIA yang menderita gangguan kejiwaan bipolar. Dia bermain bersama aktor asal Inggris, Damian Lewis.

Lewis kalah dari Jeff Daniels, yang menggondol penghargaan Emmy untuk Best Actor in a Drama Series (aktor terbaik dalam seri drama) karena aktingnya dalam seri The Newsroom. Daniels baru kali pertama dinominasikan untuk penghargaan Emmy dan langsung menang, berkat permainannya sebagai pembaca berita yang alim Will McAvoy.

Sementara itu, aktris dalam film seri Breaking Bad, Anna Gunn, meraih penghargaan Emmy dalam kategori Best Supporting Actress in a Drama Series (aktris pemeran pendukung terbaik dalam seri drama), mengalahkan para pesaingnya yang juga dijagokan, misalnya aktris dalam seri Downton Abbey, Maggie Smith, dan bintang seri Mad Men, Elisabeth Moss. Smith, aktris Inggris, tahun lalu membawa pulang penghargaan Emmy, seperti juga Damian Lewis.

Gunn, yang memainkan tokoh Skyler White, mengatakan bahwa kemenangan ini dipersembahkannya untuk putri-putrinya.

Dalam kategori Best Actress in a Comedy Series (aktris terbaik dalam seri komedi), Julia Louis-Dreyfus memenangkan penghargaan Emmy untuk peran kocaknya dalam seri tentang Wapres AS Veep, yang ditulis oleh Armando Iannucci, kreator The Thick of It.

Louis-Dreyfus sudah mengumpulkan empat penghargaan Emmy. Dia pernah memenangkan kategori Best Supporting Actress in a Comedy Series (aktris pendukung terbaik dalam seri komedi) pada 1996 untuk perannya sebagai Elaine Benes dalam seri komedi situasi terkenal, Seinfeld.

Jim Parsons, yang bermain dalam seri The Big Bang Theory, meraih penghargaan Emmy ketiganya untuk kategori Best Actor in a Comedy Series (aktor terbaik dalam seri komedi). Parsons, yang memerankan sosok Sheldon Cooper dalam seri komedi produksi CBS itu mencetak hattrick setelah kemenangannya pada 2010 dan 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com