Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novelis Tom Clancy Meninggal

Kompas.com - 03/10/2013, 05:41 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Penulis dan novelis mata-mata dan thriller militer Amerika Serikat, Tom Clancy, meninggal pada usia 66 tahun, Selasa (1/10/2013). Kabar ini disampaikan penerbitnya di New York.

Novel karya Clancy telah banyak menginspirasi film hit Hollywood. Sampai meninggal, Clancy telah menulis 25 buku fiksi maupun non-fiksi. Di antara bukunya adalah novel The Hunt for Red October"yang dilansir pada 1984, juga Patriot Games dan Clear and Present Danger.

"Dia adalah seorang penulis yang sempurna, menciptakan thriller modern, dan merupakan salah satu pendongeng visioner paling besar di era kita," kata eksekutif Penguin Group David Shanks dalam sebuah pernyataan, Rabu (2/10/2013). "Aku akan sangat merindukannya, demikian juga puluhan juta pembacanya di seluruh dunia," tambah Shanks.

Surat kabar Baltimore Sun mengatakan Clancy, penduduk asli Maryland, Amerika Serikat, meninggal pada Selasa (1/10/2013) setelah sakit dalam waktu singkat. Dia sempat dirawat di rumah sakit John Hopkins di Baltimore, Maryland.

Clancy adalah penulis novel yang menggunakan penyetingan perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, serta era sesudahnya. Fokus cerita yang dia pakai adalah spionase dan militer, dengan detail teknis yang sangat kaya.
"Perbedaan antara fiksi dan realitas adalah bahwa fiksi harus masuk akal," kata Clancy suatu ketika.

Ivan Held, presiden penerbit Penguin Putnam, mengatakan, setiap kali buku Clancy terbit selalu tercipta sensasi baru. "Dia berada di depan kurva berita dan kadang-kadang ramalannya menakutkan," kata dia.

Selain buku, Clancy juga memegang lisensi untuk serial video game sukses yang juga sangat populer "Tom Clancy Splinter Cell". Permainan ini menjadi franchise yang diedarkan oleh perusahaan Perancis Ubisoft.

"Tom Clancy adalah seorang penulis yang luar biasa dengan anugerah kemampuan membuat detail, memikat para pembaca dengan cerita fiksi yang mengasyikkan," kata Ubisoft pada halaman Facebook-nya.

Clancy pun disebut sebagai pemilik bukan mayoritas dari tim bisbol Baltimore Orioles. Saat mengirimkan draf novel "The Hunt for Red October", Clancy adalah seorang sales asuransi. Dia "ditemukan" oleh Deborah Grosvenor, editor di Naval Institute Pers yang dikirimi draf naskah tersebut.

Penerbitan kecil tersebut kemudian berkembang berkat novel fiksi bertema kelautan. Kisah yang ditulis Clancy soal perburuan kapal selam Uni Sovyet, mendapatkan momentumnya. Jack Ryan, menjadi salah satu karakter abadi dalam novel-novel fiksi Clancy.

Ryan adalah analis badan intelijen Amerika (CIA) berlatar militer dengan spesialisasi operasi rahasia melawan Uni Soviet. Diceritakan dalam novelnya, Ryan kemudian terjun ke dunia politik di Washington.

The Hunt for Red October menembus penjualan hingga lima juta salinan. Penjualan novelnya terbantu oleh pujian dari Presiden Ronald Reagan yang menyebut novel itu sebagai "benang yang sempurna".

New York Times menempatkan 17 novel Clancy dalam daftar "best seller". Novel terakhir Clancy Command Authority yang baru akan diterbitkan pada Desember 2013, direncanakan sebagai hadiah Natal.

Kadang-kadang, alur cerita novel Clancy bisa menjadi semacam ramalan yang menakutkan. Novel Debt of Honor, misalnya, bercerita tentang serangan kamikaze Jepang ke Gedung Capitol di Amerika Serikat menggunakan pesawat Boeing 747.

"Saya tidak pernah mendapat surat penggemar dari Osama bin Laden dan tak tahu seberapa banyak novelnya terjual di Afganistan," kata Clancy kepada CNN pada 2003, dua tahun setelah "Black September". Serangan nyata tersebut, yang menyasar menara kembar World Trade Center dan Pentagon, meskipun gagal menyerang Gedung Capitol, memiliki alur mirip novel "Utang Kehormatan" itu.

Bintang film besar adalah para pemeran tokoh-tokoh karangan Clancy di layar lebar. Jack Ryan diasosiasikan dengan Alec Baldwin dalam The Hunt for Red October, Harrison Ford di Patriot Games dan Clear and Present Danger, serta Ben Affleck untuk The Sum of All Fears.


Film pertama dengan lakon Jack Ryan yang tak sepenuhnya mengadaptasi novel Clancy, Shadow One, rencananya baru akan dirilis pada Desember 2013. Disutradarai
Kenneth Branagh, film ini akan dibintangi Chris Pine yang memerangkan analis CIA itu. Cerita film ini adalah polah Ryan mengangkat rencana Rusia menghancurkan ekonomi Amerika melalui aksi terorisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com