Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Soulnation 2013, Artis Musik Indonesia Curi Perhatian

Kompas.com - 05/10/2013, 15:02 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alunan musik dari artis musik Tulus membuka hari pertama Java Soulnation Festival, di Istora Senayan Jakarta, Jumat (4/10/2013). Tanpa disangka, Tulus mampu membuka festival akbar ini dengan meriah, bahkan sebagian besar dari mereka mampu menyanyikan beberapa lirik dari lagu-lagu yang dibawakan oleh Tulus.

Tak hanya Tulus, tampil juga Aditya di Indosat Stage, namun yang cukup mencuri perhatian adalah LA Lights Music Project "Indonesian Voice with special appearance Shane Filan". Melalui "Indonesian Voice" LA Lights mencoba menggabungkan juara-juara berbakat yang lahir dari pencarian bakat seperti Indonesian Idol dan The Voice Indonesia di dalam satu pertunjukkan yang belum pernah ada sebelumnya.

Sekitar pukul 18.30 WIB, pintu masuk menuju LA Lights Main Stage tempat mereka akan tampil sudah terlihat antrian panjang.

Regina pun membuka aksi panggung "Indonesian Voice" dengan hits "Terlalu Indah". Ribuan penonton yang hadir saat itu langsung menyambut Regina dengan histeris, tak berlama-lama Regina langsung membawakan salah satu hits dari Adele, "One and Only", lagu yang juga mengantar dia memenangi Indonesian Idol 2012.  

Setelah Regina tampil Billy Simpson pemenang The Voice Indonesia 2013, dia membawakan lagu karyanya sendiri "Sabarlah" yang dilanjutkan dengan "Fix You" milik Coldplay yang cukup epik ketika dibawakan olehnya.

Tak berhenti di situ penonton Java Soulnation Festival pun semakin dihibur oleh tampilnya Agseisa yang merebut posisi keempat The Voice Indonesia 2013 lewat "Cintamu Menjauh". Penampilannya yang atraktif dengan suara yang matang makin terlihat di lagu "Wrecking Ball" dari Miley Cyrus yang menutup penampilannya.

Setelah Agseisa muncul Kamasean yang bikin merinding lewat hits "How Could You", setelah itu ia pun menunjukkan talenta lainnya selain menyanyi, yaitu bermain keyboard sambil membawakan lagu "If I Ain’t Got You" milik Alicia Keys. Tentu saja itu membuat penonton semakin histeris.

Tak lama muncul kembali Regina, Billy Simpson, Agseisa dan Kamasean mereka berempat berkolaborasi membawakan lagu yang cukup melegenda "Cintaku" karya almarhum Chrisye, yang disusul dengan hits "Daylight" dari Maroon 5 sebelum vokalis asal Irlandia, Shane Filan yang merupakan salah satu mantan anggota boyband Westlife mengambil alih panggung.

Malam semakin larut, kini giliran Rock N Roll Mafia menggebrak Indosat Stage yang terletak di ruang terbuka. Kuartet elektronik asal Kota Kembang yang beranggota Hendra, Eki, Bueno dan Adit itu tak mau kalah mengigit dari para penampil lainnya, mereka menyuguhkan "Pathetic", "Translove", "Stuck", "Castillo", "Oblivion", dan beberapa materi dari album ketiga, Prodigal.

Beranjak ke Soulnation Stage, tepat pukul 23:30 WIB, vokalis yang juga pencipta lagu Matthew Sayersz tampil romantis di hadapan para penyuka musiknya yang tetap setia meski grup Asian American electro hop quartet asal Los Angeles, Far*East Movement, dengan anggota Kev Nish, Prohgress, J-Splif, DJ Virman tampil di LA Lights Main Stage.

Matthew tak sendiri, ia mengajak vokalis yang juga rapper trio RAN, Rayi Putra untuk berkolaborasi menyanyikan lagu Extra. Rupanya dari kolaborasi itu Matthew membocorkan proyek musik terkininya.

"Gue mau info sedikit karena gue mau keluarin album kedua, dan ini bocoran juga karena gue akan featuring Rayi," kata Mathew sebelum mereka menyanyikan "Fall in Love" yang disebut akan mengisi materi album kedua nanti.

Sesudahnya, Matthew tampil dengan lagu-lagu romantis yang membuat para wanita menjerit histeris ketika lagu "Sempurna Hidupku" dan "Bukalah Hati" meluncur.

Di luar aksi musisi lokal, hari pertama Java Soulnation Festival juga diisi beberapa artis-artis internasional lainnya yang ditunggu-tunggu, seperti Go Chic, Trio wanita asal Taiwan yang tampil membawakan lagu-lagu elektronik eclectic, yang cukup memberi warna berbeda di perhelatan akbar ini.

Sayang sekali kalau hari ini belum sempat datang ke perhelatan ini. Tapi tenang saja karena Java Soulnation Festival hari kedua atau Sabtu (5/10/2013), akan menampilkan artis-artis lain, seperti Raisa, Chef Special, Jamie Aditya, Bayu Raisa, Mamas Gun, hingga LA Lights Music Projects "Time Capsule".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com