Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu Bertumit Tinggi Tak Hambat Para Pria Menari

Kompas.com - 08/10/2013, 10:00 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Biasanya para penari street dance dan break dance lekat dengan sepatu kets. Tapi, kebiasaan itu tidak berlaku bagi grup tari bernama Return asal Jakarta. Sebagai salah satu finalis Kratingdaeng Power Dance 2013: Final Fusion, yang telah digelar di Balai Sarbini, Jakarta, 5 Oktober lalu, mereka membawakan street dance dengan mengenakan sepatu berhak setinggi atau high heels 10 cm. Uniknya, semua personel grup itu pria.

"Konsep kami, mau bikin ladies style, pakai heels. Kami juga masih ngembangin ladies style degan genre tarian kami, vogue," terang Vino, salah satu personel Return, ketika berbincang dengan Kompas.com dalam kesempatan akhir minggu lalu itu.

Vino dan rekan-rekannya, yaitu Zainal, Pai, Fattah, Iyi, dan Biyyin, mengaku tidak memerlukan waktu yang lama, cukup satu bulan, untuk terbiasa menari dengan mengenakan sepatu berhak tinggi. Grup yang terbentuk delapan tahun lalu tersebut mengaku sudah berimprovisasi dengan konsep yang menjadi ciri mereka itu sejak tiga tahun lalu.

"Waktu awal pakai heels, enggak butuh waktu lama agar bisa. Dalam kurun waktu satu bulan latihan, langsung turun lomba, dengan konsep heels," kenang Vino.

Dengan konsep itu pula mereka telah terbang ke Jepang untuk mewakili Asia dalam salah satu lomba dance. Kini mereka menjadi salah satu finalis dari Kratingdaeng Power Dance 2013: Final Fusion.

Dapatkah Return mengalahkan 10 grup lainnya dalam kategori street dance? Aksi mereka bisa Anda nikmati melalui KompasTV pada 20 Oktober mulai pukul 19.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com