Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marini: Kang Ikin Seperti Guru Bagi Saya

Kompas.com - 17/10/2013, 19:52 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air. Pemusik kawakan H Tb Sadikin Zuchra meninggal dunia dalam usia 80 tahun, pada Kamis, 17 Oktober 2013, pukul 10.05 WIB, di Depok, Jawa Barat. Kabar tersebut beredar melalui pesan singkat.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rachmatullah, salah satu tokoh musik Indonesia: "Bapak H. Tb. Sadikin Zuchra" di RS. Mitra Keluarga Depok, pada pukul 10.05WIB. Almarhum akan disemayamkan di Rumah Duka Perumahan Tugu Indah blok B~10, Depok, dan akan dikebumikan besok sebelum Dzuhur. Insya Allah Husnul Khotimaah. Aamiin," isi pesan tertulis yang diterima oleh para wartawan itu, Kamis (17/10/2013).

Kabar itu mengejutkan penyanyi senior Marini, yang pernah menjadi rekan Sadikin ketika keduanya mengurus Yayasan Griya Artisa pada era 1980-an.

"Dulu kami punya Yayasan Griya Artisa. Itu kami membina pemusik yang bukan profesional. Itu gratis semua. Kami kerja sama dengan Tenaga Kerja dan mereka itu dibiayai uang sakunya. Setelah sekian bulan, nah Griya Artisa ini punya izin untuk mengajak mereka keluar. Kami kirim ke hotel-hotel, ada yang ke Hongkong, ada yang ke Singapura, tapi kami tidak bisnis dan tidak memotong (hak si pemusik)," cerita Marini dalam wawancara di Kemang Timur V Kav 7, Jakarta Selatan, Kamis siang.

Menurut Marini, pendiri Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI) dan pendiri Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) tersebut merupakan figur penyabar. "Almarhum figur yang sangat sabar, sangat baik," tutur Marini, yang mengaku sering berbahasa Belanda jika bercakap-cakap dengan Sadikin.

Marini mengaku banyak belajar soal seni dari Sadikin. "Banyak yang kami dapat dari dia, termasuk input bermusik. Tapi, dia tidak ngajarin, bukan ngeguruin. Tapi, dari cara bertuturnya, dia seperti guru bagi saya," kenang Marini. "Dan, karya Kang Ikin (biasa Marini menyapa Sadikin) enggak yang industri," lanjut ibu dari penyanyi Shelomita dan sutradara Rama Soeprapto ini.

Setahu Marini, sosok yang dihormatinya tersebut sudah lama sakit. "Saya pernah jenguk, setelah itu enggak dapat kabar apa-apa lagi. Mungkin penyakit menahun dan ada gula (diabetes) juga kalau enggak salah," ujar Marini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com