Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Tas, Andara Rainy Ayundini Ingin Menangis

Kompas.com - 27/10/2013, 15:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com --  Pembawa acara Andara Rainy Ayundini (26) setahun terakhir berjualan aneka tas dan dompet batik. "Yah, namanya juga keturunan Padang, enggak boleh lihat lapak kosong," seloroh Andara, Jumat (25/10), seusai shooting sebuah acara KompasTV di sebuah mal.

Andara memilih bahan, mendesain, promosi dari mulut ke mulut, sampai terjun langsung di pameran. "Hanya pengerjaan tas saja yang saya serahkan ke pekerja," ujar Andara yang aktif di Ikatan Pecinta Batik Nusantara.

Produknya sudah dipakai oleh delegasi dan menteri-menteri peserta APEC di Bali yang hadir di sebuah sesi rapat. Dari 35 tas untuk menteri yang dikirim Andara, hanya 13 potong yang diterima pemesan. "Sisanya dibalikin. Saya sampai mau nangis karena lem menggelembung sedikiiiit saja sudah ditolak. Alhamdulillah semuanya selesai dan saya dapat pelajaran penting, yakni untuk membuat produk bagus perlu kerja ekstrakeras," ujar Andara.

Andara memproduksi tas dengan merek "Andara", kependekan dari istilah Minang, nak dara (anak gadis). "Target utama saya memang tas batik dipakai oleh anak-anak muda. Saya senang sekali melihat anak muda pakai batik," tutur Andara.

Kalau orang tua ingin memakai tas untuk nak dara bisa enggak?

"Bisa dong, terutama orang tua yang berjiwa nak dara," sambar Andara. Iya deh.... (BSW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com