Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jose Rizal Manua: Saluran Ginjal dan Teater

Kompas.com - 31/10/2013, 11:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Seniman Jose Rizal Manua (59) tengah dirawat di Rumah Sakit St Carolus, Jakarta, karena ada masalah dengan saluran ginjalnya. Dalam pembaringan, pemimpin dan sutradara Teater Tanah Air itu masih memikirkan rencana pentas Teater Tanah Air lakon Legenda Sawerigading. Drama karya Remy Sylado itu akan dipentaskan di India pada 5-8 Desember dalam rangka International Children's Festival of Performing Arts di New Delhi.

"Ini saya sedang kumpulin biaya untuk ke India," kata Jose, yang pernah mengharumkan nama Indonesia ketika membawa Teater Tanah Air meraih gelar juara dunia dalam Festival Teater Anak Internasional Kesembilan di Lingen, Jerman, tahun 2006.

Jose dirawat sejak 24 Oktober dan menjalani operasi pada Selasa (29/10/2013). Sejak itu, latihan terpaksa terhenti untuk sementara. Sejumlah tokoh menjenguk Jose termasuk, antara lain, Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Atilah Soeryadjaya, sutradara Matah Ati dan Ariah, serta sejumlah seniman, seperti Sutardji Calzoum Bachri, Remy Sylado, dan Yudi Latif.

"Dokter Prihadi yang melakukan operasi pernah latihan teater dengan saya ketika masih sekolah di SMA Kanisius," kata seniman yang suka mengenakan belangkon itu. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com