Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Lagukan Lirik Karya Mendiang Imanez

Kompas.com - 01/11/2013, 12:31 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ada sebuah kisah menarik dalam proses produksi album ke-20 band Slank, yang berjudul Slank Nggak Ada Matinya. Cerita itu tentang salah seorang teman mereka yang telah tiada, vokalis reggae Adul Firman Saad alias Imanez.

Dikisahkan oleh Kaka (vokal), pada suatu ketika Ivanka (bas) tak sengaja menemukan secarik kertas yang berisi lirik yang ditulis oleh Imanez. "Di album Slank Nggak Ada Matinya ada cerita menarik. Ini cerita zaman Ivan belum naik haji, dia lagi bersih-bersih kamarnya terus nemu secarik kertas, pas dibuka enggak tahunya secarik kertas itu isinya lirik bikinan almarhum Imanez," tutur Kaka sekaligus mewakili para personel lain Slank--Bimbim (drum), Abdee (gitar), Ridho (gitar), dan Ivanka--dalam jumpa pers peluncuran album Slank Nggak Ada Matinya, di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).

Karena penasaran, Slank lantas mencari tahu apa arti tulisan Imanez tersebut. "Ditanya ke adik-adiknya pada enggak ada yang tahu. Ke anaknya, enggak tahu. Ternyata, itu masih lirik telanjang, belum ada nadanya," ungkap Bimbim.

Setelah digali lebih dalam, Slank akhirnya tertarik untuk membuat lagu dari tulisan Imanez tersebut dengan seizin keluarga vokalis yang semasa hidupnya dikenal sebagai penyanyi lagu "Anak Pantai" itu. "Dari situ kami minta izin ke keluarganya, kami bikin aransemen musiknya, kami bikin nadanya sampai jadi lagu yang utuh," terang Kaka.

Akhirnya, lirik itu diberi judul "Yo Man". "Pas take vokal, Bimbim bilang, 'Ka, lo harus kayak lagi ngobrol sama Imanez'," kata Kaka meniru ucapan Bimbim ketika itu. "Itu gimana ya, paling, 'Yo Man' saja," lanjutnya.

Setelah "Yo Man" menjadi lagu yang utuh, Slank mengajak anak semata wayang Imanez, Vagna Diandra Putri atau Nyanya, untuk berduet. Sementara itu, mengenai royaltinya, Slank berjanji akan menyerahkannya ke ahli waris Imanez. "Kalau ini terjual bagus, kami akan kasih royalti buat keluarganya, terutama buat Nyanya," janji Kaka.

Slank memang mendedikasikan "Yo Man" untuk Imanez. "Ini lagu buat almarhum Imanez, semoga dia sesantai kayak di pantai selagi dia masih ada. Imanez itu, kalau di sebuah sajian makanan, dia itu kayak garam, dia bisa mengubah sebuah makanan. Kalau kebanyakan garamnya bisa enggak enak, bisa juga enak (kalau pas). Nah, kayak itu lah Imanez," kata Kaka lagi.

Imanez lahir pada 22 Juni 1968 dan meninggal karena menderita kanker tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-36, pada 2004. Ia bukan orang asing bagi Slank. Ia merupakan "alumnus" dari Gang Potlot, yang sudah melahirkan sejumlah nama beken di dunia musik Indonesia.

Semasa hidupnya, Imanez telah melahirkan sejumlah hit reggae, seperti "Anak Pantai", "Ikan Bakar", "Sunset", "Tequila Sunrise", "Playboy", "Tropical Rembulan", dan "Samalona". Imanez juga pernah membentuk grup-grup Speedy Beetle dan Metalover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com