Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Film Anak Indonesia Diterbangkan ke AS

Kompas.com - 06/11/2013, 12:22 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua film anak Indonesia, Pasukan Kapiten dan Princess, Bajak Laut, dan Alien, akan diputar di AS. Dijadwalkan, kedua film hasil produksi Cinema Delapan tersebut akan menjadi tontonan para pengunjung American Film Market (AFM), yang digelar pada 6-13 November 2013, di Santa Monica, California, AS.

"Cinema Delapan bersama dua filmnya akan mengikuti American Film Market," tutur produser dua film anak tersebut, Alfani Wiryawan atau Fani, dalam wawancara per telepon di Jakarta, Minggu lalu (3/11/2013).

Fani bersama dua produser lainnya yang terlibat dalam film tersebut, Reni Daniel dan Yanti Kristianto, bertolak ke AS pada Senin (4/11/2013) siang. Di sana ada dua agenda penting yang ingin dicapai melalui dua film anak itu.

"Yang kami ingin capai di sana adalah mendistribusikan film-film karya anak bangsa ini ke market dunia, jadi bisa dibeli oleh berbagai pihak dari beberapa negara," jelas Fani.

"Yang kedua, tentunya kami ingin menjadi production support di Indonesia. Jadi, kalau ada orang dari luar negeri ingin shooting di Indonesia, bisa di-support oleh kami. Dan, kami ingin memperkenalkan lokasi-lokasi di Indonesia supaya bisa menjadi lokasi shooting oleh market internasional," lanjutnya.

Fani bangga akan kesempatan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu. Pasalnya, menurut Fani, kesempatan tersebut merupakan kesempatan perdana film-film Indonesia dipasarkan di AFM.

"Ini semacam bazar atau fair, di mana film-film Indonesia berada di AFM ini," ujar wanita yang akan merilis film Princess, Bajak Laut, dan Alien, pada 9 Januari 2014.

Fani mengungkapkan pula, film perdananya, Pasukan Kapiten, telah diputar di Cinekid, sebuah festival film anak kelas internasional yang digelar di Amsterdam, Belanda. "Pasukan Kapiten menjadi satu-satunya film Indonesia dari 200 film dunia yang ada di Cinekid di Belanda dan itu diputar full, lho," ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com