Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan-hujan Antre, Demi Audisi Star Wars

Kompas.com - 11/11/2013, 12:28 WIB
BRISTOL, KOMPAS.com -- Ratusan orang mengantre sejak dini hari di tengah guyuran hujan demi mengikuti audisi untuk film Star Wars Episode VII, yang akan dibuat di Inggris. Antrean ratusan orang itu terlihat pada Sabtu lalu (9/11/2013) di Bristol Arts Center, di mana pihak Lucasfilm mencari dua pemeran untuk film Star Wars terbaru itu.

Dua peran yang ditawarkan itu ditujukan untuk seorang gadis berusia belasan tahun yang berkesan cerdas dan waspada, serta seorang pemuda berumur belasan atau awal 20-an tahun yang berkesan cerdas dan trengginas.

Audisi tersebut akan dilanjutkan ke segala penjuru Inggris dan Irlandia.

Menurut sejumlah calon peserta, pada Sabtu lalu banyak dari mereka yang sudah mengantre di barisan sejak pukul 4.30 waktu setempat. Tapi, karena antrean begitu panjang, penyelenggara sudah menutup pendaftaran audisi pada pukul 10.30 waktu setempat.

Meski berbasah-basah dan berdiri menunggu berjam-jam, para calon peserta audisi itu tak risau dengan kondisi mereka.

"Film ini ada saat saya tumbuh dan (audisi) ini sangat-sangat berarti," kata Ben Millier, yang datang dari Frome di Somerset. "Anda tidak bisa tidak ikut audisi kalau syarat umur mengizinkan, kalau cocok, karena ini hal yang terlalu berharga," tambahnya.

Alex Rambo, calon lain dari Bristol, mengatakan, "Jika ada peluang setipis apa pun, akan sangat sepadan untuk tak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengantre."

Tom Millineux, yang juga sudah mengantreselama berjam-jam, mengatakan, "Tak bisa menahan godaan," untuk ikut mencoba meski dirinya sadar, "Tak punya pengalaman akting sama sekali."

Audisi tak biasa
Tapi, audisi yang diminati terlalu banyak orang itu juga mendatangkan keluhan dan kritik, karena banyak calon peserta ditolak ikut audisi gara-gara tumpukan peminat.

"Anak saya sudah naik kendaraan dua jam, datang jam 10.30, dan pukul 10.45 pintunya ditutup," keluh Hayley Mogridge.

Beberapa cerita serupa muncul dan mengakibatkan penyelenggara audisi menjadi sasaran kritik.

Shooting Star Wars: Episode VII dijadwalkan akan dimulai pada musim semi 2014, di Pinewood Studios, dekat kota London. Film tersebut akan dirilis pada Desember 2015.

Undangan untuk ikut audisi itu disebar melalui akun Twitter @UKopencall, yang menyebut, "Pencarian di seluruh negeri untuk pemeran utama film Disney."

Lucasfilm kemudian mengaku bahwa audisi tersebut dimaksudkan untuk pembuatan film Star Wars terbaru. Audisi terbuka juga dilangsungkan mulai minggu ini di AS, menurut sebuah pemberitahuan di internet. Direktur kasting akan mengunjungi lokasi seperti Nashville dan Chicago serta menerima pendaftaran via online.

Film legendaris seperti Star Wars sangat jarang menggelar audisi terbuka seperti itu. Namun, sejak pembuatan film pertamanya, peran-peran penting untuk film tersebut diberikan kepada pemain-pemain yang belum dikenal ketika itu.

Trilogi pertama Star Wars dibintangi oleh Mark Hamill sebagai Luke Skywalker, meski ia relatif tak dikenal ketika itu. Sementara itu, film yang sudah lebih dulu berhasil berkat kasting terbuka antara lain adalah Harry Potter.

Dakota Blue Richards juga memenangkan peran utama untuk Lyra, dalam The Golden Compass, film yang diadaptasi dari novel Philip Pullman berjudul Northern Lights, melalui kasting terbuka.

Kota-kota lain di Inggris, termasuk London, akan menjadi lokasi audisi yang diperkirakan akan dibanjiri ribuan orang berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com