Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Gelar Festival Jazz di Pantai

Kompas.com - 16/11/2013, 22:27 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar perhelatan musik jazz bertajuk "Banyuwangi Beach Jazz Festival" (BBJF) di tepi Pantai Boom Banyuwangi dengan pemandangan Selat Bali, Sabtu (16/11/2013).

BBJF menampilkan sejumlah musisi papan atas Indonesia. Di antaranya adalah Glenn Freddly, Tompi, dan Sandhy Sondoro, yang akan tampil bareng dengan Trio Lestari. Penampil lainnya adalah Syaharani & Queenfireworks.

"Musikalitas yang tinggi dari penyanyi papan atas dipastikan mampu menunjukkan yang luar biasa. Yang menarik adalah kami gelar di pantai dengan view langsung Selat Bali," jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Selain itu Bupati Anas juga menjelaskan sesuai namanya, panggungnya berada di atas pasir dengan backdrop panggung berupa layar perahu yang dihiasi bambu dengan latar belakang laut lepas. "Saat konser berlangsung, laut tetap menjadi view utama,' katanya.

Menyiapkan pantai menjadi sebuah venue pertunjukan musik, kata Anas, bukan hal mudah. Diperlukan waktu sekitar satu minggu untuk persiapannya, termasuk Untuk mempersiapkan membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Anas meyakinkan, pergelaran ini menggunakan tata suara yang khusus. "Kami mengusung sound system yang berkekuatan 90.000 watt karena harus menyesuaikan dengan kondisi alam mulai dari tiupan angin pantai yang kecang serta kondisi angin yang berubah-rubah," ujar Anas.

Anas menambahkan penyelenggaraan Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) diharapkan mampu menggenjot sektor pariwisata di Banyuwangi. ”Kegiatan pariwisata menjadi alat pemasaran untuk memperluas destination life-cycle sehingga daerah tidak hanya dikenal melalui satu atau dua destinasi wisata. Selepas menikmati event, wisatawan bakal berminat untuk menjelajah ke destinasi lain seperti Kawah Ijen atau Pantai Pulau Merah di Banyuwangi,” pungkasnya.

Sementara itu Pemkab Banyuwangi menargetkan ada sekitar 2.500 penonton. Tiket VVIP dijual seharga Rp 1.000.000, VIP Rp 500.000 sedangkan kelas festival Rp 300.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com