Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokalis MALIQ & D’Essentials Istirahat Nyanyi

Kompas.com - 27/11/2013, 18:05 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Enam bulan belakangan ini salah satu personel band MALIQ & D'Essentials, Indah (vokal), harus beristirahat dan menjalani terapi atas gangguan pita suara yang dialaminya.

"Ya benar, Indah lagi sakit di pita suaranya, istilahnya ada farises, dan ditambah dia punya asam lambung ya. Ternyata ini cukup maut bagi yang profesinya vokalis," kata Angga Puradiredja (vokal) mewakili Ilman (keyboard dan piano), Jawa (bas), Lale (gitar), dan Widi (drum), usai jumpa pers Konser K20 Spesial Suara Pemuda, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2013).

MALIQ & D'Essentials tak membatasi masa istirahat Indah. Bagi Angga, rekan seprofesinya itu harus lebih fokus untuk menjalani terapi.

"Makanya, kami enggak mau buat dia jadi stres ya. 'Pokoknya, harus tiga bulan istirahatnya,' enggak seperti itu. Kami buat dia serelaks mungkin, karena kalau dia stres nanti asam lambungnya naik lagi, dan asam lambung itu enggak ada obatnya selain hindari stres. Jadi, sudah beberapa waktu ini, ya enam bulan lah, dia absen di beberapa kegiatan MALIQ," jelas Angga.

Angga dan teman-temannya menjamin Indah tetap menjadi bagian dari MALIQ & D'Essentials. "Statusnya sih dia masih di Maliq, cuma kami istirahatkan dulu dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Dia sekarang relaks, dia masih sering ketemu kami kok, ngurusin hal-hal lain di kantor," ujar Angga.

Hasil terapi yang dijalani oleh Indah sudah menunjukkan kemajuan. "Kemajuannya ada, cuma memang enggak bisa cepat banget. Kami sering dapat informasinya dari luar. Kami tanya misalnya Mas Ari Lasso, yang juga pernah sakit seperti itu. Dia tidak nyanyi setahun, akhirnya Mas Ari disarankan dibawa ke Singapura. Pengalaman-pengalaman itu kita jadiin bahan referensi bagi Indah," papar Angga. "Ya, akhirnya Indah berobat ke Singapura dan tetap konsultasi dengan dokternya di Indonesia. Teman-teman Maliq yang lainnya juga pernah ke sana. Jadi, Indah berobat, kami ada perform sembari main dan belanja," paparnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com